Gedung Thomas Jefferson Yogyakarta

0 600

Lokasi Gedung Thomas Jefferson Yogyakarta

Gedung Thomas Jefferson

Gedung Capitol, pada 13 Juni 1980, nama gedung ini diganti menjadi Gedung Thomas Jefferson unyuk mengenang jasa mantan Presiden Thomas Jefferson yang ikut membantu pendirian Perpustakaan Kongres pada tahun 1800. Jefferson menawarkan koleksi buku pribadinya kepada Kongres, bulan September 1814. Sebulan sebelumnya, tentara Inggris dalam serangan ke Washington, D.C.

Gedung Thomas Jefferson adalah salah satu dari tiga gedung Perpustakaan Kongres Amerika Serikat. Gedung ini mulai dibangun tahun 1890 dan selesai tahun 1897. Sebagai bangunan tertua yang ditempati Perpustakaan Kongres, gedung ini dikenal dengan interior dan muka bangunan yang mendetail. Arsiteknya adalah John L. Smithmeyer yang digantikan oleh asistennya, Paul J. Pelz, dan dilanjutkan oleh Edward Pearce Casey .Gedung ini berada di First Street SE, antara Independence Avenue dan East Capitol Street di Washington, D.C., Amerika Serikat. Gedung ini telah dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan salah satu Situs Warisan Dunia sejak tahun 2008.

Gedung Jefferson ini sempat menjadi tempat tahanan bagi PKI pada masa revolusi. Pernah juga digunakan untuk perpustakaan, markas TNI dan markas polisi. Penunggu gedung Jefferson yang juga penjual angkringan, Wasiyem, menjelaskan bahwa gedung ini sudah sekitar sembila tahun digunakan untuk agen koran.

 

Source Gedung Thomas Jefferson Yogyakarta
Comments
Loading...