Gedung Swarha Bandung

0 100

Lokasi Gedung Swarha

Gedung Swarha terletak di Jl. Asia Afrika No.78, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251.

Gedung Swarha

Gedung Swarha terdiri dari empat lantai, bagian bawah gedung masih aktif digunakan sebagai toko kain dan pakaian, sedangkan bagian atasnya sudah tidak difungsikan lagi dan dibiarkan kosong sejak lama. Swarha adalah salah satu hotel yang sering digunakan sebagai tempat menginap bagi para tamu negara yang menghadiri KAA (Konferensi Asia Afrika) tahun 1955. Dulu gedung ini bernama Swarha Islamic.

Gedung ini mempunyai peranan penting saat terselenggaranya Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955. Panitia pada saat itu menyiapkan pula sedikitnya 14 hotel dan 31 bungalow, beberapa hotel lainnya, tiga diantaranya adalah hotel yang masih berdiri dan dikenal sampai saat ini yaitu Hotel Savoy Homann, Hotel Preanger dan Hotel Braga. Ketiga tempat tersebut letaknya tidak terlalu berjauhan dari Hotel Swarha.

Kemudian di sekitar tahun 1950-an, bangunan yang sekarang di lantai bawahnya digunakan sebagai toko kain itu, pernah digunakan sebagai media centre bagi para jurnalis yang meliput KAA. Konon karena letaknya yang strategis di seberang Kantor Pos Besar Bandung, sehingga memudahkan para jurnalis untuk segera mengirimkan hasil liputan mereka melalui telegram. Swarha bukan hanya sekedar bangunan tua, namun bangunan bersejarah yang seharusnya kita lestarikan.

Source Gedung Swarha Bandung Jawa Barat
Comments
Loading...