Gedung Srimanganti Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang

0 201

Lokasi Gedung Srimanganti

Gedung Srimanganti terletak di Jl. Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Sumedang Selatan, Regol Wetan, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45355.

Gedung Srimanganti

Gedung Srimanganti didirikan pada tahun 1706, pada masa pemerintahan Dalem Adipati Tanoemadja, arsitektur Gedung Srimanganti bergaya kolonial, kata Srimanganti mempunyai arti adalah tempat menanti-nanti tamu kehormatan. Dahulu gedung Srimanganti dikenal sebagai rumah “Land Huizen” (Rumah Negara). Fungsi gedung Srimanganti pada masa itu adalah tempat tinggal buat Bupati serta keluarganya. Pada tahun 1982 dan 1993 Gedung Srimanganti di Rehabilitasi.

Bupati dan keluarga yang pernah menempati Gedung Srimanganti, antara lain Pangeran Kornel, Pangeran Sugih, Pangeran Mekah dan Dalem Bintang. Pada tahun 1942 Srimanganti tidak lagi digunakan sebagai rumah tinggal Bupati. Sejak pemerintahan Dalem Aria Soemantri (1937-1946) gedung ini dijadikan Kantor Kabupaten/Pemda Sumedang sampai tahun 1982, sedangkan Bupati serta keluarga tinggal di Gedung Bengkok/Gedung Negara sampai sekarang. Gedung Srimanganti terdaftar pula dalam Monumenter Ordonantie 1931 sebagai bangunan Cagar Budaya yang dilindungi oleh pemerintah.

Gedung Srimanganti menjadi bangunan ketiga museum dan sekarang digunakan sebagai bangunan utama Museum Prabu Geusan Ulun dan sebagai pintu masuk ke museum. Di dalam gedung ini tersimpan meja pemberian ayahanda R.A Kartini dengan ukiran–ukiran khas Jepara di meja tersebut. Lalu, disimpan pula baju–baju kebesaran bupati Sumedang tempo dulu. Ada juga tempat tidur Pangeran Kornel yang begitu dominan dengan warna kuning dan hijau.

Source Gedung Srimanganti Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang Jawa Barat
Comments
Loading...