Gedung Sipir Belanda Banten

0 98

Lokasi Gedung Sipir Belanda

Gedung Sipir Belanda terletak di Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Gedung Sipir Belanda

Gedung Sipir, atau tangsi Belanda tepatnya berada di alun-alun barat Menes, gedung ini sangat berbeda dengan bangunan disekitarnya, dari bentuk aristektur terkesan bergaya Eropah, dari papan nama yang tertera di depan gedung, bangunan sipir Belanda itu berdiri tahun 1848, dan merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang terletak di Banten.

Bentuk bangunan gedung Sipir Belanda, bujur sangkar dengan luas 20 m X 12 m, pada bagian muka terdapat pintu masuk Utama, dua buah jendela besar berbentuk empat persegi dengan ukuran yang sama pada kedua sisinya, serta lubang angin yang berbentuk setengah lingkaran diatas Jendela. Pada Jendela diberi jeruji vertikal dan pada lubang angin berbentuk huruf “V” dan berbentuk setengah lingkaran.

Pada kedua sudut bangunan terdapat dua tiang yang diplester untuk memberi kesan bentuk benteng, demikian juga tiang pada pada pintu masuk utama, yang diplester untuk memberi kesan bentuk benteng. Sedangkan diatas pintu, terdapat atap yang berbentuk canopy. Pada bagian belakang gedung terdapat selesar dengan kolom dan penyangga berbentuk ukiran yang lazim kita temui pada stasiun-stasiun tua.

Pada sisi kanan bangunan terdapat bekas-bekas ruang tahanan yang, sedangkan pada sisi kiri terdapat gudang dan tempat buang air kecil dan air besar, sedangkan agak kebelakang lagi terdapat asrama-asrama. Mengingat sejarah yang menyertai gedung sipir Belanda ini, serta fungsinya sebagai cagar budaya, maka sudah selayaknya pemerintah Banten untuk segera memugar.

Source http://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/isz.singa/gedung-sipir-belanda-itu-kini-merana_552933496ea8345f0a8b45a6
Comments
Loading...