Gedung SDN 1 Kunden

0 135

SDN 1 Kunden

Terletak di Jl. Dr. Soetomo, Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora. Merupakan sekolah paling bersejarah di Kabupaten Blora yang berkaitan dengan sejarah perjuangan pergerakan wanita. Karena hingga awal abad ke-20 hanya golongan bangsawan dan golongan elit masyarakat saja yang dapat menikmati pendidikan modern. Seiring berjalannya waktu, sekolah ini berganti nama menjadi SD Kunden 1.

Bangunan ini adalah model bangunan kolonial, sebagaimana tampak pada bentuk fisik bangunan dengan bentuk limasan memanjang, dengan atap tinggi dan plafon atap terbuat dari kayu. Berdiri di atas tanah seluas 1.333 m² dengan luas bangunan ± 428 m². Dengan halaman bagian depan untuk kegiatan upacara dan olahraga. Dilengkapi dengan 6 ruang kelas, UKS, Perpustakaan, dan ruang guru.

Bangunan kelas menganut sistem dua pintu di bagian sisi kanan dan kiri, dengan pintu sambungan antar kelas. Bentuk jendela ganda dengan jendela angin ukuran kecil pada sisi dalam. Di sekolah ini masih terdapat satu ruang kelas dengan bentuk meja kursi jadi satu, yang merupakan kekayaan sejarah perabot interior sekolah yang selayaknya dilestarikan. Banyak pula perabot lain seperti lemari, papan tulis hitam model ganda yang juga menjadikan sekolah ini layak ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Source http://www.blorakab.go.id http://www.blorakab.go.id/index.php/public/kebudayaan/detail/92
Comments
Loading...