Gedung Residen Jambi

0 268

Lokasi Gedung Residen

Gedung Residen terletak di Jalan Ahmad Yani, Telanaipura Kota, Jambi.

Gedung Residen

Gedung Residen sekarang digunakan sebagai kantor Markas Komando Ditpolair Polda Jambi, dibangun tahun 1928.  Residen Jambi yang pertama O.L Helfrich yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Belanda Nomor 20 tanggal 4 Mei 1906 dan pelantikannya dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 1906. Kekuasaan kerajaan Belanda atas wilayah Jambi berlangsung ± 36 (tiga puluh enam) tahun karena pada tanggal 9 Maret 1942 terjadi peralihan kekuasaan kepada Pemerintahan Jepang sebagai pemenang dalam perang kawasan Asia pasifik pada saat itu.

Oleh karena itu kantor eks Residen Jambi menjadi saksi sejarah yang tidak kalah pentingnya dalam membuka tabir asal usul pemerintahan di Jambi. Sehingga perlu kiranya gedung tua yang merupakan monumen saksi sejarah Jambi tersebut dapat dijaga dan dilestarikan, termasuk sebagai bagian cagar budaya yang berkaitan dengan bangunan bersejarah yang tetap harus dirawat secara maksimal.

Source https://gpswisataindonesia.info/2015/10/wisata-sejarah-di-jambi/ https://gpswisataindonesia.info/2015/10/wisata-sejarah-di-jambi/
Comments
Loading...