Gedung Pusat Penelitian Karet Bogor

0 23

Gedung Pusat Penelitian Karet Bogor

Bangunan ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Bogor. Usianya sejak berdiri hingga tulisan ini dibuat sudah tepat 100 tahun alias 1 abad. Sebuah usia yang tentu saja membuatnya layak dijadikan sebuah cagar budaya.

Begitu pula sejarah yang melekat pada bangunan ini. Sejarah panjang perjalanan industri dan perkembangan karet di Indonesia tidak akan pernah bisa lepas dari Pusat Penelitian Karet ini.

Bangunan yang sekarang menjadi Gedung Pusat Penelitian Karet dibangun tahun 1915. Nama yang diberikan pada waktu itu adalah Proefstation voor Rubber (PVR) atau Balai Penelitian Karet.

Balai Penelitian Karet (BPK) merupakan satu dari trisula balai penelitian yang didirikan oleh Belanda di era tersebut. Selain PVR, saat itu juga dibentuk Algemeen Proefstation voor Thee atau Balai Umum Penelitian Teh tahun 1916 di Bogor juga dan Besoekisch Proefstation atau Stasiun Penelitian Besoekisch di Jember.

Kesemuanya masih berkaitan dengan berbagai penelitian terkait dengan berbagai spesies tanaman di Nusantara yang dilakukan oleh Lands Platentuin atau Kebun Raya Bogor.

Dalam perjalanan 100 tahunnya, bangunan Pusat Penelitian Karet ini menyaksikan perubahan nama berulang kali pada organisasi yang beroperasi di dalamnya.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/pusat-penelitian-karet-cagar-budaya-11/
Comments
Loading...