Gedung Pulantara Cirebon

0 63

Lokasi Gedung Pulantara

Gedung Pulantara terletak di Komplek Keraton Kanoman, Cirebon, Jawa Barat.

Gedung Pulantara

Pulantara adalah nama gedung yang dibangun tidak lama setelah berdirinya Keraton Kanoman, yaitu sekitar 1600 M. Keraton ini didirikan oleh Sultan Badaruddin yang bergelar Sultan Anom I pada 1588 M. Gedung ini berada di halaman belakang kompleks Keraton Kanoman.

Fungsi bangunan Gedung Pulantara kemudian sedikit terdegradasi menjadi tempat tinggal para kesatria. Kemudian penurunan fungsi kembali terjadi masanya Sultan Zulkarnaen sekitar abad ke 19, bangunan Pulantara difungsikan menjadi tempat penyimpanan benda-benda pusaka untuk upacara Maulid.

Gedung Pulantara ini sangat istimewa karena merupakan gedung yang bertingkat pertama pada masa itu di Cirebon. Ya, gedung bertingkat tiga dengan teknologi yang boleh dikatakan maju pada waktu itu. Gedung Pulantara dibangun dengan susunan bata dengan campuran kapur dan pasir. Atapnya terbuat dari sirap kayu jati. Lantai II dan III dibuat dari susunan balok dan papan.

Bangunan Pulantara ini berdenah persegi panjang berlantai tiga dan menghadap ke arah selatan. Bangunan yang mempunyai panjang ± 24, 80 meter, lebar bangunan ± 13 meter, dan memiliki tinggi ± 9, 50 meter

Kondisi bangunan Pulantara saat ini sangat memprihatinkan karena mengalami destrukturisasi. Di antaranya robohnya sebagian dinding dan runtuhnya sebagian besar atap. Kondisi kusen-kusen pun sangat memprihatinkan. Bangunan Pulantara telah tercatat dalam daftar inventaris Cagar Budaya Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten nomor: 003.02.06.03.94.

Source Gedung Pulantara Cirebon Jawa Barat
Comments
Loading...