situsbudaya.id

Gedung PTPN XV Semarang

0 62

Gedung PTPN XV

Bangunan ini berarsitekturkan Eropa dengan penambahan 2(dua) menara disamping kiri dan kanan (Selatan dan Utara) bangunan. Dibangun pada awal XIX dan digunakan untuk Nv Cultuur Maatschaipij Der Vorstenlanden yaitu perusahaan Belanda yang bergerak di bidang perkebunan dan pertanian. Perusahaan ini membuka cabang di Semarang pada tahun 1888. Pendirian perusahaan ini berkaitan dengan sejarah tanam paksa ( Cultur Stelsel ) di Hindia Belanda.

Bangunan PTPN XV beralamatkan di jalan Mpu Tantular no.5 termasuk dalam kawasan Kota Lama Semarang. Bangunan tersebut terletak ditimur kali Semarang dan dibangun memanjang utara-selatan (sejajar) dengan kali tersebut. Secara administratif bangunan PTPN XV ini terletak di Kota Lama Semarang terletak di Kelurahan Bandarharjo, kecamatan Semarang Utara dengan letak Astronomis UTM adalah 49 M.

Bangunan setangkup  dengan fasade tunggal. Bangunan berorientasi ke barat dan seluruh bangunan berlantai dua Jumlah trafe pada bangunan induk lima buah. Terdapat dua menara yang mengapit bangunan induk. Pondasi bangunan dari batu dengan sistem struktur dari kolom bertulang. Dinding dari batu bata. Kaki bangunan dari batu dengan sistem beton sedangkan sisanya dengan plester dan dicat. Pada bangunan induk kolom-kolom diekspose dan pada lantai dua kolom-kolom dihubungkan dengan lengkung busur yang membentuk rongga balkon. Dinding fasade bangunan induk tengah dipertinggi dengan hiasan diatasnya.

Dinding menara diselesaikan dengan ornamen lengkung yang diekspose dengan cat yang berbeda. Atap bangunan berupa pelana bersusun dengan bahan penutup atap genteng. Kedua menara ditutup dengan atap limasan dengan kuda-kuda mansard dan pada bagian puncak terdapat menara kecil ditutup dengan limasan. Usuk terrendah. Listplank berbentuk sederhana dan dilengkapi talang. Pada kedua menara cornice terbentuk dari garis-garis mendatar yang melengkung. Tidak terdapat serambi tetapi terdapat balkon. Atap balkon menyatu dengan atap bangunan induk.

Entrance bangunan dipertegas dengan atap datar tambahan. Pintu berambang lengkung dan berdaun ganda. Jendela berambang atas lengkung, berdaun tiga dan berpanel kaca. Dibawah jendela terdapat lubang angin yang berderet dengan bentuk garis. Diatas jendela lantai dua terdapat bouvenlicht. Pintu menara berambang lengkung busur dengan daun pintu tambahan dari besi. Pada bagian atas menara terdapat lubang angin yang berbentuk geometri. Bangunan PTP ini dipengaruhi oleh gaya Empire atau Italia, yang terlihat pada bentuk menara pada bagian fasade.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/gedung-ptpn-xv-semarang/
Comments
Loading...