Gedung PTPN XI (Gedung EX HVA) Surabaya

0 85

Gedung PTPN XI (Gedung EX HVA)

Pada awalnya gedung ini digunakan sebagai kantor dagang Nederland dengan ciri khas adanya menara lonceng diatas bangunan, pada tahun 1958 perusahaan milik kolonial belanda ini di nasionalisasi menjadi perusahaan Perkebunan nasional sekarang gedung ini dimanfaatkan sebagai PTPN XI.

Bangunan ini di rancang oleh Hulswit Fermnont & ed Cuypers Dari Ingeniersbureau dan diresmikan 18 April 1925. Dahulu di gunakan oleh HVA (Handels Vereeniging Amsterdam). Pada masa pendudukan jepang gedung ini digunakan sebagai Tobu Jawa Boetai (Markas Tentara Jepang). Pada masa transisi pasca kemerdekaan digunakan sebagai markas komando Militer Djawa Timur, tempat perundingan kedua antara Brigjend Mallaby dan Dr. Moestopo.

Gedung ini merupakan satu gedung yang terbesar di Surabaya pada jamannya, dimana menghabiskan 3000 m3 beton dalam pembangunannya dan masih kokoh terpelihara sampai saat ini.

Source https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com/2013/08/02/gedung-ptpn-xi-gedung-ex-hva/
Comments
Loading...