Gedung Pertani Surakarta

0 151

Gedung Pertani Surakarta

Secara fisik, bangunan gedung ini mudah dilihat secara kasat mata. Lantaran letak bangunannya yang sangat strategis, mengingat lokasinya berada di pojok timuran bundaran Baron. Namun bila ditanya soal nilai kesejarahannya, kebanyakan orang tidak tahu. Bahkan, tokoh masyarakat maupun pejabat struktural di Kelurahan Sriwedari, di mana bangunan itu berada, juga tidak mengetahuinya. Yang mereka tahu hanyalah bahwa bangunan tersebut adalah bangunan kuno.

Bangunan kuno yang memiliki luas 5.566 m² ini, sebenarnya merupakan gedung yang dibangun pada tahun 1850, dan sudah dilelang oleh Pertani Jawa Tengah pada tahun 1992. Pembelinya adalah H. Mohammad Lukminto, Pemilik PT. Sri Rejeki Ismaun (Sritex).

Bangunan yang terletak di Kebonan RT.05 RW.01 Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Surakarta atau tepatnya di Jalan Bayangkara No. 328 ini, merupakan bagian dari bangunan yang ada di Kota Solo yang masuk dalam kategori Benda Cagar Budaya. Seharusnya dilestarikan oleh negara namun kenyataannya bisa berpindah tangan menjadi kepemilikan pribadi.

Gedung ini memiliki nilai arsitektur Belanda dengan corak khas art-deco. Di sini terlihat bentuk jendela yang besar dan seragam, serta suasana bangunannya terasa sejuk karena platfon dan atanya yang tinggi. Selain itu, facade bangunan terlihat dengan permainan garis horisontal dan melengkung ditambah dengan ornamen-ornamen tradisional yang memiliki seni historikal.

Source http://kekunaan.blogspot.com http://kekunaan.blogspot.com/2012/07/gedung-pertani-surakarta.html
Comments
Loading...