Gedung Perpustakaan Kota Malang

0 95

Gedung Perpustakaan Kota Malang

Gedung Perpustakaan Kota Malang dibangun pada tahun 1965. Menarik untuk menguak sejarah berdirinya gedung yang ada di persimpangan Jalan Ijen dan Jalan Semeru Kota Malang ini.

Gedung perpustakaan umum ini merupakan sumbangan dari OPS Rokok Kretek yang selesai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1965. Gedung ini kemudian diserahkan dan diresmikan oleh Pemerintah Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Malang setahun kemudian, tepatnya tanggal 17 Agustus 1966, karena saat itu Kota Malang membutuhkan adanya gedung perpustakaan.

Awalnya, pemanfaatan gedung sederhana ini diisi buku-buku oleh panitia-paniatia dan yayasan-yayasan, namun tidak berhasil. Oleh karena itu, maka atas pertimbangan-pertimbangan Pemda Kotamadya Dati II Malang, dimintalah Jawatan Pendidikan Masyarakat dengan bagian Perpustakaan Rakyatnya untuk mengisi gedung tersebut. Perkembangannya terbilang sulit diusahakan karena koleksi buku-bukunya telah menua. Untuk penggantian dan penambahan buku-buku baru, terbentur oleh persoalan dana yang tak sedikit.

Sebagai upaya pengadaan koleksi buku baru, pihak Perpustakaan Kota Malang mengadakan sebuah perjanjian bersama dengan pihak Lembaga Perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta atas anjuran dari Kepala Dep. Dik. Bud. Pusat Jakarta. Diperoleh kesepakatan, Lembaga Perpustakaan Dep. Dik Bud Jakarta mengirimkan buku-buku untuk koleksi pertama sebanyak 2.500 buku dan selanjutnya akan ditambah 20% dari jumlah koleksi pertama. Perjanjian ditandatangani bersama pada tanggal 27 september 1971.

Sebagai persyaratan, pihak Pemda harus mendirikan gedung perpustakaan milik Pemda Tingkat II Kotamadya Malang dengan fasilitas-fasilitas dalam bentuk meubilair, alat-alat perpustakaan, alat kantor, dan alat-alat lain yang diperlukan. Selain itu, pihak Pemda juga wajib menyediaan dana guna pembiayaan pemeliharaan perpustakaan, meyediakan staf dan menentukan police kepegawaian dengan kepala Dep. Dik. Bud. setempat, membentuk sebuah dewan perpustakaan yang anggotanya terdiri dari pemuka masyarakat di dalam Pemda Kotamadya Dati II Malang.

Beruntung bagi Pemda Dati II Malang kala itu yang sukses mewujudkan perjanjian bersama Lembaga Perpustakaan Dep. Dik Bud Jakarta. Selain mendapat koleksi buku-buku baru, staf Perpustakaan Kota Malang juga mendapat bimbingan dan pelatihan teknis pelaksanaan perpustakaan.

Sebagai realisasi dari perjanjian bersama tersebut, maka diterbitkanlah Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 1972 tentang perpustakaan umum dan Perda No. 2 Tahun 1972 yang telah disahkan oleh SK Gubernur KDH Provinsi Jawa Timur tanggal 8 Februari 1973 No. Pem/79/G. Selain itu, diundangkan pula di tambahan Lembaran Daerah Provinsi Jawa Timur tahun 1973 Seri B tanggal 16 Februari 1973 No. 11/B, yang berarti bahwa perpustakaan merupakan suatu lembaga dari Pemerintah Kotamadya Dati II Malang, yang dalam Perda No. 1/72 tersebut, berisi IV Bab dan 12 Pasal.

Peresmian pembukaan Perpustakaan Kota Malang yang kala itu masih bernama Perpustakaan Umum Pusat Kotamadya Dati II Malang, dilaksanakan oleh Walikotamadya Dati II Malang. Acara itu dihadiri oleh Ketua DPRD dan instansi dari perintahan lainnya pada tanggal 22 Mei 1972. Bulan-bulan pertama setelah dibuka, perpustakaan itu berjalan lancar. Segala sesuatu pengurusannya diserahkan untuk sementara oleh Kepala bagian Hukum Pemda Kotamadya Dati II Malang dengan menghasilkan dua buah SK. Pertama, SK Walikotamadya tanggal 27 April 1972 No. 22/U/1972 tentang pembentukan Dewan Perpustakaan yang terdiri dari 10 orang. Kedua, SK Walikotamadya tanggal 5 Mei 1972 No. 24/U tentang penunjukan penempatan gedung oleh Perpustakaan Umum Pusat dan Ruangan Pers.

Kemudian, ditunjuklah PJS (Pelaksana Jabatan Sementara), yakni satu Kepala Perpustakaan dari kampus IKIP, dan dua orang PJS Wakil Kepala dari Dep. Dik. Bud Kotamadya Malang 2 orang. Mereka dibantu oleh tenaga-tenaga lima orang dari Pemda Dati II Kotamadya Malang. Saat itu, dengan terbitnya SK Walikotamadya tanggal 2 Oktober 1972 No. 64/U, maka kepengurusan oleh Bagian Hukum/DPRD resmi dihentikan dan untuk sementara Perpustakaan Umum Pusat Kota Malang dimasukkan dalam seksi dari bagian Administrasi Umum.

Setahun kemudian, keluarlah SK dari Mendagri tahun 1973 No. 68 yang melimpahkan wewenang pengelolaan Perpustakaan Umum ke dalam Seksi A.P.K. dari Sub. Kesra. Selang lima tahun lagi, terbit SK dari Mendagri tahun 1978 No. 130 yang menggugurkan SK sebelumnya. Hal ini membuat pengelolaan Perpustakaan Umum Kotamadya Dati II Malang kembali ke asalnya, yakni pengetrapan hubungan Oragnisasi, dengan Pemda sebagai lembaga yang diatur Peraturan Daerah No. 1 th 1972.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/09/14/menguak-sejarah-gedung-perpustakaan-kota-malang/
Comments
Loading...