Gedung Perkantoran Polrestabes Bandung

0 76

Gedung Perkantoran Polrestabes

Sebagai sebuah kota yang pembangunannya dimulai sejak pusat pemerintahan dipindahkan ke daerah Sungai Cikapundung di tahun 1810, Bandung masih menyisakan aroma kolonial yang masih terasa. Satu di antaranya gedung perkantoran Polrestabes Bandung yang terletak di Jalan Jawa. Gedung berusia 152 tahun itu masih berdiri kokoh di ibu kota Provinsi Jawa Barat tersebut.

Gedung itu dibangun tahun 1864-1866 dengan gaya arsitektur neoklasik. Gaya arsitektur itu amat digemari oleh para tuan tanah kaya sekitar tahun 1800-an. Sebab, dianggap sebagai lambang kekuasaan hingga gaya bangunan ini sering disebut Indische Empire Stijl.

Ratusan tahun lalu, gedung ini awalnya digunakan sebagai sekolah guru pertama di Bandung. Sekolah ini didirikan oleh Raden Haji Mohammad Musa dan Karel Federik Holle yang merupakan seorang administratur Perkebunan Teh Waspada di daerah Cikuray, Bayongbong, Garut. Tuan Holle ini juga merupakan penasihat urusan dalam negeri Hindia Belanda.

Kendati berusia 152 tahun, Gedung Polrestabes Bandung hingga kini masih terawat dengan baik. dari pintu utama gedung bergaya arsitektur Eropa tersebut. Bagian pintu berwarna kayu cokelat dengan dilapisi kaca. Sedangkan di bagian halaman terdapat kursi dan meja. Pada bagian tengah dekat pintu masuk terdapat tulisan Polrestabes Bandung. Sebuah penanda bahwa bangunan ini termasuk cagar budaya klas A juga terpampang di tembok depan.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/regional/read/3247820/ayo-jelajah-pagi-di-bangunan-tua-markas-polisi-kota-bandung
Comments
Loading...