Gedung Penjara Tegal

0 90

Gedung Penjara Tegal

Penjara ini didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda di bekas benteng VOC yang dibangun pada tahun sekitar 1719 di Parkstraat (kini Jl Yos Sudarso) dekat pelabuhan di kota Tegal. Sampai sekarang gedung ini berfungsi sebagai penjara dengan nama resmi Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Tegal.

Gambar memperlihatkan pintu masuk mengarah ke utara. Pintu yang berarsitektur gaya Neo Klasik ditutup dengan pagar besi. Didalam pintu terlihat lampu yang digantung pada langitnya. Di atas pintu terlihat bel besar yang dapat dibuyikan dengan memakai tali panjang. Tali tersebut terlihat dengan jelas di foto ini. 7 penjaga penjara berdiri didepan pagar sedang berpose untuk fotografer. 6 penjaga berseragam berwarna gelap dan 1 penjaga berseragam berwarna putih. Mungkinlah dia kepala penjaga penjara.

Bagian kosong yang di sebelah kanan dari fotonya diperuntukkan untuk menulis surat. Tetapi kartupos ini belum pernah ditulisi dan belum pernah dikirim. Siapa suka menerima kartupos yang bergambar penjara.

Source http://bangunan-bersejarah.blogspot.com http://bangunan-bersejarah.blogspot.com/search?updated-max=2011-09-05T12:05:00%2B07:00&max-results=10&start=72&by-date=false
Comments
Loading...