Gedung Olveh Jakarta

0 270

Lokasi Gedung Olveh Jakarta

Gedung ini terletak di Jalan Jembatan Batu No. 50 Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta.

Gedung Olveh

Konon, pembangunan Gedung OLVEH ini menghabiskan anggaran sebesar 250 ribu gulden, termasuk dengan pembelian tanahnya. Lantai 1 dan lantai 2 disewakan kepada perusahaan lain, sedangkan operasional OLVEH hanya menempati lantai 3 atau yang paling atas, berdekatan dengan kubah gedung ini. Kubah ini terbuat dari kaca yang berfungsi untuk pencahayaan hingga lantai 1.

Perjalanan gedung OLVEH ini berlangsung hingga 40 tahun lamanya, dan berakhir ketika dilakukan nasionalisasi oleh Pemerintah Republik Indonesia. Sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 86 Tahun 1958, tanggal 23 Februari 1959 pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemenrintah Nomor 2 tahun 1959 tentang Pokok-Pokok Pelaksanaan Undang-Undang Nasionalisasi Perusahaan Belanda di mana perusahaan-perusahaan milik Belanda yang seluruhnya atau sebagian merupakan milik perorangan warga negara Belanda, badan hukum yang modalnya berasal dari perorangan dan berada di wilayah Republik Indonesia dapat dikenakan nasionalisasi.

Keberlakuan UU tersebut juga berimbas pada perusahaan asuransi Belanda yang berada di Hindia Belanda. Melalui Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 1960 tentang Penentuan Perusahaan Pertanggungan Jiwa Milik Belanda Yang Dikenakan Nasionalisasi menyebutkan ada 9 perusahan pertanggungan jiwa milik Belanda yang terkena nasionalisasi, salah satunya adalah De Olveh van 1879 ini, dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 214 Tahun 1961 Tanggal 12 Juli 1961 tentang Pendirian Perusahaan Negara Asuransi Jiwa Eka Sejahtera, De Olveh van 1879 termasuk salah satu perusahaan asuransi milik Belanda yang dilebur ke dalamnya bersama dengan 8 perusahaan asuransi jiwa lainnya.

Dalam perkembangan selanjutnya, melalui Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1965 tentang Pendirian Perusahaan Negara Asuransi Jiwasraya, dijelaskan bahwa Perusahaan Negara Asuransi Jiwa Eka Sejahtera dilebur ke dalam Perusahaan Negara Asuransi Jiwasraya.

Dinamika dalam Perusahaan Negara Asuransi Jiwasraya pun tidak berhenti di situ, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 1972 tentang Perubahan Bentuk Perusahaan Negara Asuransi Jiwasraya menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Asuransi Jiwasraya yang dimuat dalam Lembaran Negara Nomor 48 Tahun 1972.

Sejak itu Gedung OLVEH ini, berubah status kepemilikannya menjadi milik PT Asuransi Jiwasraya. Karena itu pula, kemudian gedung OLVEH ini juga dikenal dengan nama gedung Jiwasraya. Tapi entah kenapa kemudian setelah menjadi milik Jiwasraya, dalam perjalanannya gedung ini malah sempat mangkrak dan terbengkelai sekian tahun lamanya. Hal ini menyebabkan bangunan gedung tersebut menjadi rusak.

Source Gedung Olveh Jakarta Jakarta
Comments
Loading...