Gedung Nies Compotomy Bandung

0 41

Gedung Nies Compotomy

Gedung Nies Compotomy terletak di lingkungan kota tua yaitu berada di selatan alun-alun Kota Bandung. Gedung Nies Compotomy, bersebelahan dengan kantor Pos Besar namun terpisah oleh Jalan Banceuy. Kini kawasan telah menjadi kawasan perkantoran dan pusat perdagangan.
Gedung ini dibangun pada tahun 1915 oleh arsitek Belanda terkenal, R. L. A. Schoemaker memiliki gaya arsitektur khas, yaitu neo klasik (Art Deco Ornamental) yang langka dan unik dengan ornamen sebagai penghias bangunan. Gedung ini luasnya 1212 m² dan berdiri pada tanah seluas 8432 m². Semula dibangun sebagai Escomplo Bank, lalu sebagai Kantor PT. (Persero) Bank Dagang Negara dan sejak tanggal 2 Oktober 1998 sebagai Bank Mandiri (gabungan Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim, dan Bank Bapindo). Kondisi bangunan terpelihara baik dan tidak mengalami perubahan pada fisik bangunan serta diupayakan tetap dipertahankan keaslian bentuknya.
Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2013/12/21/wisata-sejarah-di-bandung/
Comments
Loading...