Gedung Negara Tri Arga Sumatera Barat

0 106

Lokasi Gedung Negara Tri Arga

Gedung Negara Tri Arga terletak di Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136.

Gedung Negara Tri Arga

Bangunan Gedung Negara Tri Arga yang berdiri saat ini adalah hasil renovasi pada tahun 1960-an setelah bangunan asli dibumihanguskan sewaktu Agresi II Militer Belanda. Nama gedung mengambil simbol pemandangan sekelilingnya yang dikelilingi tiga gunung: Gunung Singgalang, Gunung Marapi, dan Gunung Sago.

Sebelum kemerdekaan, gedung ini silih berganti menjadi tempat kedudukan Residen Padangse Bovenlanden dan Asisten Residen Agam. Selama delapan bulan antara bulan Juni 1947 hingga Februari 1948, gedung beralih fungsi menjadi tempat kedudukan Wakil Presiden Mohammad Hatta. Menjelang Agresi II Militer Belanda pada 1948, Istana Bung Hatta dibumihanguskan bersama sejumlah bangunan di Bukittinggi.

Saat pendudukan ibu kota Yogyakarta oleh Belanda, Bukittinggi yang memang peranan sebagai ibu kota Pemerintah Darurat Republik Indonesia menjadikan gedung ini sebagai salah satu basis PDRI. Setelah pemecahan Sumatera Tengah menjadi tiga provinsi pada 1958, Gubernur Sumatera Barat pertama Kaharudin Datuk Rangkayo Basa menggagas renovasi gedung dan menyematkan nama Gedung Negara Tri Arga.

Source https://id.wikipedia.org/wiki/ https://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Negara_Tri_Arga
Comments
Loading...