Gedung Nasional yang Bersejarah Kini Jadi Permukiman Liar

0 83

Gedung Nasional yang Bersejarah Kini Jadi Permukiman Liar

Gedung Nasional Medan di Jalan Sutomo berdiri tahun 1935 dan merupakan saksi sejarah SERTA TEMPAT bertemunya berbagai organisasi masyarakat dan beragam tokoh lokal mendiskusikan perkembangan bangsa.

Kondisi bangunan saat ini cukup memperihatinkan, bangunan terlihat rusak dan kotor, pintu utama gedung sudah raib entah kemana, jendela gedung terlihat pecah, dan cat bangunan pun terlihat usang. Di sisi halaman gedung terlihat bangunan-bangunan semi permanen berdiri.

Gedung yang di masa lalu digunakan sebagai tempat diskusi pemerintah, kini telah dikuasai oleh beberapa pihak.

Menurut pedangan bakso yang berjualan di sekitaran tugu Apollo, Gedung Nasional ini telah ditinggali orang-orang pendatang, bahkan ia menjelaskan di dalam gedung sudah diberi sekat-sekat pembatas kamar layaknya penginapan.

“Di dalam itu ditinggali orang-orang dari luar kota, sama mereka dibuat sekat, rata-rata mereka sudah berkeluarga,” ujar pedagang bakso yang enggan menyebutkan identitasnya.

Menurutnya, dulu di dalam bangunan ini terdapat arsip-arsip, gambar pahlawan, dan perabotan-perabotan selayaknya sebuah Gedung Nasional.

“Dulu di dalam itu ada arsip peninggalan jaman Belanda, lalu ada mesin ketik tua, bahkan di kamar itu dulu ada tempat tidur dan kamar mandinya,” katanya.

Sangat disayangkan, Gedung Nasional ini tidak memiliki nasib yang sama dengan Tugu Apollo. Tugu yang bersebrangan dengan Gedung Nasional ini tampak gagah dan terawat.

“Gedung nasional ini udah lama begini, dibiarkan saja, hanya tugu saja yang mereka rawat, tapi gedungnya mereka biarkan,” ujar pedagang bakso.

Source http://medan.tribunnews.com http://medan.tribunnews.com/2016/11/18/gedung-nasional-yang-bersejarah-kini-jadi-permukiman-liar
Comments
Loading...