Gedung Nasional Indonesia Surabaya

0 6

Gedung Nasional Indonesia

Gedung Nasional Indonesia berada di Jalan Bubutan no 87. Bangunam Cagar budaya berbentuk pendopo ini merupakan lokasi pusat pergerakan nasional, ditempat inilah pada tanggal 25-27 Agustus 1945 dibentuk Komite Nasional Indonesia (KNI) dan Badan Keamanan Rakyat (BKR) sebagai dewan pemerintah. Ditempat ini juga terdapat patung dan makam Dr. Soetomo, pahlawan kemerdekaan RI.

Komite Nasional Indonesia ini beranggotakan 32 orang dan yang bertindak sebagai ketua adalah Cak Doel Arnowo dengan Roeslan Abdulgani sebagai Seketarisnya. Pada tgl 29 Agustus sampai 1 September 1945, KNI Surabaya menyerukan kepada rakyat surabaya mengibarkan bendera sang merah putih tanpa didampingi oleh bendera lain. inilah untuk pertama kali dilakukan aksi massal pengibaran Sang Merah Putih oleh rakyat surabaya. Aksi ini kemudian diintesifkan lagi dengan seruan Presiden Sukarno pada tgl 31 Agustus agar rakyat Indonesia mulai tgl 1 september terus menerus mengibarkan bendera Sang Merah Putih.

Source https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com/2013/10/06/gedung-nasional-indonesia/
Comments
Loading...