Gedung Marba di Kota Lama Semarang

0 1.096

Gedung Marba merupakan salah satu gedung peninggalan kolonial Belanda di Semarang. Gedung Mraba adalah gedung yang terletak di salah satu sudut dari Kota Lama Semarang tepatnya berada di seberang Taman Srigunting di Jl. Let. Jend. Suprapto No. 33 Semarang Jawa Tengah. Gedung Marba di ketahui di bangun pada abad ke XIX, yang memiliki 2 lantai bangunan. Tebal dinding dari bangunan ini kurang lebih 20 cm

 

 

 

 

 

 

 

 

Bangunan ini di bangun dengan di prakarsai oleh Marta Badjunet, yaitu seorang warga negara Yaman. Marta Badjunet adalah seorang saudagar kaya pada jaman itu. Kemudian untuk mengenang jasanya bangunan kuno ini di namai dari singkatan namanya yang di sebut “Marba”. Dulunya gedung ini di fungsikan sebagai kantor usaha pelayaran, Ekspedisi Muatan Kapal Laut / EMKL. Selain itu gedung ini juga di gunakan untuk toko yang modern dan merupakan toko modern satu – satunya pada saat itu, De Zeikel.

Kemudian setelah pensiun, perusahaan pelayarannya dipegang oleh anaknya MR MARZUKI BAWAZIR. Namun sangat disayangkan gedung kuno yang eksotis ini kini sudah tidak ada aktivitasnya dan digunakan untuk gudang. Gedung ini sekarang tampak tidak terawat, karena kurang terawat dan terbengkalai.

Umur gedung Marba ini sudah lebih dari 100 tahun terbukti dari foto di KITLV yang diambil tahun 1910. Namun, beberapa kali Gedung Marba sering dijadikan latar belakang untuk shooting beberapa film dan iklan. Hal ini dikarenakan Gedung Marba memiliki model bangunan yang berbeda dari bangunan peninggalan Belanda lainnya. Gedung Marba cenderung eksotis, dan kontur bangunannya masih belum begitu rusak.

Dilihat dari ornamen dekorasinya, bangunan ini mulai meninggalkan gaya neoklasik dan mengadopsi arsitektur tropis Hindia Belanda. Material bata, kayu, dan sedikit besi tuang menjadi ciri khas bangunan ini. Setiap elemen seperti kolom dan jendela memiliki bentuk yang simetri dan tertata. Jika di bayangkan bangunan semegah ini pada jaman dulu bisa di simpulkan bangunan ini merupakan salah satu bangunan termegah pada saat itu. Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia harus tetap menjaga dan merawatnya agar tidak terlantar akan kebersihan dan keberadaannya.

Source Gedung Marba Di Kota Lama Semarang Gedung Marba Di Kota Lama Semarang
Comments
Loading...