Gedung Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Langkat

0 26

Gedung Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI)Langkat

Gedung Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI)Langkat, Dengan Ornamen Khas Melayu, Merupakan Salah satu Rumah Adat yang Ada Di Langkat. mengambarkan bahwa di daerah Kabupaten Langkat mayoritas penduduknya adalah suku melayu (maye-maye ). Suku Melayu Langkat, berbicaradalam bahasa Melayu Maya-maya ( maye-maye )dengan dialek “e” mirip dengan dialek orang melayu Malaysia. Masyarakat S uku Melayu Langkat ini hampir seluruhnya memeluk Agama Islam,yang telah berkembang di kalangan orang Melayu Langkat sejak beberapa abad yang lalu. Agama Islam begitu kuat tumbuh dalam masyarakat Melayu Langkat, terlihat dari segala bentuk tradisi adat-istiadat dan budaya suku Melayu Langkat banyak dipengaruhi unsur budaya Islam.

Orang Melayu Langkat memiliki rumah tradisional dengan bentuk khas Melayu. di bangun dengan bentuk rumah panggung,biasanya dibuat dari bahan kayu hitam.Pintu masuk biasanya berada di samping rumah,  dengan sebuah tangga,tapi saat ini sudah ada yang menempatkan pintu masuk dan tangga di depan rumah. Rumah Suku Melayu Langkat ini memiliki atap dengan daun nipah yang banyak terdapat di rawa- rawa  daerah ini. Atap daun Nipah ini memberi kesejukan di bawahnya meskipun cuaca sedang sangat terik  dan panas.

Mata pencarian Suku Melayu Langkat saat ini memiliki profesi beragam, tetapi sebahagian besar hidup sebagai petani. Mereka menanam berbagai jenis tanaman seperti padi, ubi, jagung,  berbagai jenis sayuran dan buah – buahan. Di daerah pesisir biasanya menjadi nelayan. di luar itu mereka memilih profesi sebagai pedagang , nelayan, sektor pemerintahan dan sektor swasta. di sisi lain beberapa dari mereka menjadi buruh diperkebunan dan lain – lain.

Source http://queenezh.blogspot.com/ http://queenezh.blogspot.com/
Comments
Loading...