Gedung Lengkung Loa Kulu Kalimantan Timur

0 88

Lokasi Gedung Lengkung Loa Kulu

Secara adaministrasi Gedung Lengkung Loa Kulu berada di Jl. A. Yani, Kelurahan Loa Kulu Kota, Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegar, Provinsi Kalimantan Timur.

Gedung Lengkung Loa Kulu

Bangunan ini sekarang berada di bawah kepemilikan Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara dan pernah di hak gunakan kepada perusahaan batu bara. Dahulunya gudang ini adalah Gudang milik OBM (Oost Borneo Maskapaiij, perusahaan tambang batu bara pertama di Loa Kulu).

Bangunan terbuat dari tembok bata tebal dan bagian bagian atasnya berbentuk atap lengkung (Rumah bundar), terdapat 6 lengkungan atap yang berajajar kebelakang. Bagian depan terdiri dari satu ruangan dan terdiri dari satu lengkungan atap pada bagian atasnya. Ruang utama tereletak di belakang ruang depan dan dipisah dengan sekat tembok dan dihubungkan dengan dengan satu pintu lebar.

Ruang utama berupa ruangan luas dengan 5 lengkungan atap pada bagian atasnya. Pintu ruangan ini ada 4 (termasuk pintu penghubung dengan ruang depan), 2 pintu di samping kanan bangunan dan stu pintu terdapat pada bagian belakang. Langit‐ langit bangunan terbuat dari bambu yang dianyam dan dibuat melengkung mengikuti bentuk lengkungan atau cekungan atap. Atap terbuat dari seng dan melengkung (cembung pada bagian atas luar), kondisi bangunan tidak terawat dan mengalami kerusakan pada 40% bangunan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/gedung-lengkung-loa-kulu/
Comments
Loading...