Gedung Kologdam Bandung

0 262

Lokasi Gedung Kologdam

Gedung Kologdam terletak di Jl. Aceh, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113.

Gedung Kologdam

Gedung Kologdam disebut juga Gedung Jaarbeurs, adalah bangunan kolonial di Bandung pada tahun 1920-an, Gedung Kologdam adalah tempat penyelenggaraan Jaarbeurs de Bandung (pameran dagang tahunan). Saat ini, kompleks bangunan dan paviliunnya diubah menjadi Markas Komando Pendidikan dan Pelatihan Komando Daerah Militer III/Siliwangi.

Bangunan beserta kompleks sekitarnya dirancang oleh Wolff Schoemaker, arsitek ternama Hindia Belanda. Gedung Kologdam dibangun tahun 1920 dan dimanfaatkan sebagai gedung utama Jaarbeurs de Bandung. Pameran dagang pertama diadakan tanggal 20 Mei sampai 3 Juni 1920, lalu dilanjutkan tiap bulan Juni dan Juli. Berbagai konferensi dan pameran dari berbagai industri di Priangan dan sekitarnya dilaksanakan di kompleks ini.

Gedung Kologdam digunakan sebagai kegiatan militer Republik Indonesia untuk pertama kalinya ketika ditempati sebagai Markas Detasemen Polisi Militer dipimpin Aboeng Koesman dan Kesatuan Detasemen Markas Kodam III/Siliwangi dipimpin Letnan I Subrata. Saat itu, anggota Detasemen Polisi Militer yang berjumlah sekitar 90 orang hanya dilengkapi persenjataan sekitar sepuluh pistol dan beberapa bayonet.

Tahun 1919, arsitek Wolff Schoemaker merancang Pusat Pameran Dagang (Jaarbeurs) setelah melakukan studi banding ke Amerika Serikat. Gedung Kologdam ini merupakan rancangan pertamanya yang terwujud sepulangnya dari negara tersebut. Bangunan Gedung Kologdam ini dirancang dengan gaya Art Deco dan dipengaruhi oleh gaya arsitek Frank Lloyd Wright. Gedung Kologdam ini berbentuk salib. Tiga patung manusia menghiasi fasade bangunan dengan desain yang dipengaruhi Mazhab Amsterdam.

Source Gedung Kologdam Bandung Jawa Barat
Comments
Loading...