Gedung Kantor Pos Kebonrojo Surabaya

0 27

Gedung Kantor Pos Kebonrojo

Dahulu daerah ini dikenal dengan istilah Regentstraat karena terdapat rumah dinas Adipati (regent) berada di sana. Pada thn 1881 Gedung Kantor Pos Kebonrojo ini digunakan sebagai tempat tinggal Bupati Karesidenan Surabaya. Kala itu, rumah dinas Bupati masih berhadapan dengan Kebon Rojo yang juga disebut Stadtuin atau Taman Kota.

Dan pada thn 1925 digunakan sebagai Hogere Burger School (HBS) Sekarang setara dengan SMU. Sekolah ini diperuntukkan bagi anak-anak bangsa Eropa, putra bangsawan pribumi atau putra para tokoh pribumi terkemuka. Bahasa pengantar di HBS ini adalah bahasa Belanda, dengan lama belajar tujuh tahun. Kemudian HBS pindah ke daerah Ketabang (sekarang gedung SMA Kompleks di Wijaya Kusuma).

Setelah itu berfungsi sebagai Markas Besar Polisi(Hoofdcommissariaat van Politie), yang kemudian dipindahkan ke Jl. Veteran surabaya. Pada Thn 1926-1928 mengalami renovasi oleh GJPM Bolsius dan difungsikan sebagai Kantor Pos Utama Surabaya sampai sekarang.

Source https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com/2013/09/29/gedung-kantor-pos-kebonrojo/
Comments
Loading...