Gedung Juang 45 Serang

0 36

Gedung Juang 45

Secara administratif Gedung Juang 45 terletak di jalan Ki Mas Jong, Kota Serang dan termasuk dalam wilayah Kota Baru Serang. Bangunan ini pada masa pendudukan jepang pernah dijadikan sebagai markas Kempetai. Sebuah pristiwa besar pernah terjadi di gedung markas Kempetai, kemudian diambil alih oleh tentara keamanan rakyat (TKR) yang dibentuk oleh KH. Syamaun setelah berhasil merebut dan mengusir tentara jepang melalui sebuah pertempuran hebat pada tanggal 10 Oktober 1945. Pada peristiwa itu markas Kempetai berhasil diduduki oleh para pejuang Banten.

Bangunan markas Kampetai terdiri dari tiga bangunan utama dan kini yang masih memperlihatkan keasliannya hanya tinggal satu bangunan, yaitu yang sekarang dipakai sebagai Kantor Dewan Harian daerah (DHD) 45. Bangunan ini mempunyai seni arsitektur bergaya Indis. Atap bangunan berbentuk joglo dan memiliki sudut lancip ditengahnya dengan konstruksi kayu gentingnya terbuat dari tembikar berwarna coklat.

Bagian depannya terdapat teras yang atapnya ditopang oleh tiang-tiang berbentuk bulat sebanyak sembilan buah. Sedangkan bagian dalam bangunan ini terdapat semacam jalan kecil (lorong) yang di kiri dan kananya terdapat ruangan-ruangan yang kini dijadikan ruang kerja. Di bagian belakang terdapat ruangan yang dijadikan sebagai dapur dan gudang.

Adapun dua bangunan lainnya, saat ini unsur keasliaannya sudah tidak tampak lagi. Kedua bangunan tersebut kini dipakai sebagai Kantor Kepolisian Wilayah Banten dan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Serang atau lebih dikenal dengan Kantor Dokabu.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/potensi-cagar-budaya-di-aliran-sungai-cibantenhasil-ekspedisi-aliran-sungai-cibanten/
Comments
Loading...