Gedung Joang 45 BPPI Padang

0 35

Gedung Joang 45 BPPI

Berdasarkan survei literature, bangunan ini, pada awalnya merupakan Hotel Pasar Gadang. Pada masa perjuangan gedung ini sering digunakan sebagai markas Barisan Perjuangan Pemuda Indonesia (BPPI) untuk Kota Padang. Barisan Perjuangan Pemuda Indoesia Merupakan suatu organisasi yang menghimpun pemuda-pemuda di Kota padang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sekarang gedung ini djadikan sebagai museum BPPI dan DHD 45 Cabang Padang.

Bangunan dengan arsitektur kolonial ini merupakan bangunan yang terdiri dua lantai. Atap bangunan terbuat dari seng dengan bentuk atap pelana kuda. Pintu masuk berjumlah dua buah berada di lantai satu yang terletak di bagian tengah. Ruangan bagian dalam terdiri dari dua ruangan. Lantai satu terbuat dari ubin tegel polos yang berwarna abu-abu. Di bagian sudut ruangan terdapat tangga sebagai akses jalan masuk ke lantai atas (lantai dua). Lantai dua terbuat dari papan kayu. Ruangan di lanati dua merupakan ruangan kosong. Pasca gempa tahun 2009 Bangunan ini hanya mengalami kerusakan sedang sekitar 50 %. sebagian besar dinding mengalami retak-retak dalam, atap mengalami kerusakan, sebagian langit-langit ambruk.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...