Gedung Ex-Nederlandsche Handel Maatschappij Jakarta

0 246

Lokasi Gedung Ex-Nederlandsche Handel Maatschappij

Gedung ini terletak di Jalan Pintu Besar Selatan, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta.

Gedung Ex-Nederlandsche Handel Maatschappij

Bagi kalangan pengamat arsitektur, bangunan warisan kolonial Belanda yang terletak di kawasan BEOS tepatnya di depan stasiun kereta api Jakarta Kota, adalah sebuah karya masterpiece. Arsitekturnya cenderung sederhana namun memiliki nilai estetika tinggi, baik dari desain gedung yang indah dan proporsional maupun detail dan ragam hiasnya yang menawan.

Menurut data sejarah, bangunan yang ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta No. 475/1993, dirancang oleh tiga orang arsitek Belanda, yakni J.J.J. de Bruyn, A.P. Smits dan C. van Linde. Tahun 1929 gedung ini mulai dibangun oleh kontraktor Nedam dan diresmikan 14 Januari 1933 sebagai gedung Factorij, Nederlandsche Handel Maatschappij (NHM) di Batavia – sebulan lainnya Netherlands Trading Society (NTS).

Bangunan Gedung Ex-Nederlandsche Handel Maatschappij

Gedung Ex-nederlandsche Handel Maatschappij berarsitektur Indisch gaya Nieuw-Zakelijk ini, memang masih memiliki pesona yang kuat. Bangunannya terdiri dari empat lantai seluas 21.509 m² dengan arsitektur yag simetris, memiliki main entrance tepat di tengah bagian depan bangunan.  Ketinggian permukaan lantai dasarnya lebih tinggi dari jalan raya, sehingga kesan pada entrance-nya terasa anggun. Lantai lobby dan ruang direksinya memakai bahan mozaik keramik, sedangkan ruangan yang lain memakai tegel ubin biasa.

Salah satu bagian yang menarik dari gedung bersejarah yang berada di gerbang “Kota Toea Jakarta” ini, adalah ragam kaca patri yang menggambarkan adanya empat musim dan tokoh nakhoda kapal Belanda, Cornelis de Houtman yang mendarat di Banten tahun 1596. Terdapat juga kaca hias yang disumbang oleh C.J. Karel van Aalst atas nama Ratu Kerajaan Belanda.

Keunikan lain gedung ex-nederlandsche handel maatschappij ini mempunyai koridor yang total panjangnya hampir 1,5 km, cocok untuk jogging sambil menikmati keindahan interior sekaligus koleksi museum Bank Mandiri. Ruang khazanah (kluis) yang terdapat di lantai dasar luasnya pun tidak tanggung-tanggung, 924 m².

 

Source Gedung Ex-Nederlandsche Handel Maatschappij Jakarta Jakarta
Comments
Loading...