Gedung eks Sarekat Islam Semarang

0 88

Gedung eks Sarekat Islam Semarang

Gedung Eks Kantor Sarekat Islam Kota Semarang mulai dibangun pada tahun 1918 atas sumbangan dari berbagai pihak, termasuk para anggota SI Semarang. Ada suatu dugaan bahwa ”Gedung SI” baru mulai digunakan untuk rapat-rapat pada tahun 1920. Hal ini dapat diketahui ketika terjadi pemogokan buruh percetakan dan penerbitan pada bulan februari 1920, rapat-rapat untuk mengatur pemogokan sudah diselenggarakan di gedung ini.

Suatu aktivitas penting adalah kegiatan belajar-mengajar sekolah yang pernah menempati gedung ini. Selain itu, gedung digunakan untuk kantor dan berbagai kegiatan SI Semarang serta aksi organisasi-organisasi lainnya, seperti aksi buruh percetakan pada tahun 1922, aksi buruh pegadaian Tahun 1922 dan perayaan hari buruh internasional Tahun 1924. Bahkan Gedung ini berfungsi sebagai Media Pergerakan Kebangsaan sampai dengan masa revolusi (1945-1949).

Gedung yang saat ini dikelola oleh Yayasan Balai Muslimin dengan status tanah wakaf  bersetifikat hak milik No. 369 kondisi bangunan sebelum dilaksanakan pemugaran mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan terjadi hampir merata pada keseluruhan bangunan. Sebagian atap bahkan telah runtuh, terutama sisi utara, dan belakang bangunan. Selain itu, sebagian atap yang masih utuh sekarang kondisinya juga sudah melesak ke dalam dan beberapa genting telah hilang.

Dahulu di bangunan ini dilengkapi dengan langit-langit yang dibuat dari anyaman bambu, akan tetapi sebagian besar telah hilang dan menyisakan sebagian kecil saja yang masih terlihat, itupun kondisinya juga sudah rusak. Beberapa tiang penopang bangunan kondisinya telah miring dan melesak. Bangunan ini disusun dengan bata berspesi semen serta diplester. Kondisi saat ini plester bangunan sisi dalam sebagian besar telah retak dan mengelupas. Berdasarkan kondisi bangunan yang memprihatinkan ini maka pada tahun 2014 dilakukan upaya pemugaran oleh BPCB Jateng dengan dana APBD Provinsi Jawa Tengah terhadap gedung eks Sarekat Islam Kota Semarang.

Bangunan gedung eks Sarekat Islam Kota Semarang yang saat ini dikelola oleh Yayasan Balai Muslimin, secara administrasi  berlokasi di Kampung Gendong, Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.  Secara astronomi terletak pada koordinat UTM 49 M 437406.00 E 9227997.00 S.

Gedung eks Sarekat Islam dibangun pada tahun 1981 s.d. 1920 dan saat ini telah berusia lebih dari 50 tahun. Gaya bangunan bersahaja dan fungsional sesuai kondisi dan capaian teknologi pada masanya awal abad ke-20. Bentuk bangunan mirip dengan bangunan stasiun kereta api yang dibangun pada masa tersebut.

Arti penting keberadaan bangunan eks Sarekat Islam, di gedung ini terjadi peristiwa tempat penempaan semangat kebangsaan dengan melepaskan diri dari sekat sekat perbedaan. Gedung ini juga menjadi saksi bisu atas keterkaitan dengan para tokoh pergerakan perintis kemerdekaan RI dalam rapat – rapat pergerakan. Selanjutnya, gedung eks Sarekat Islam berpotensi mendukung pengungkapan sejarah pergerakan yang dirintis Sarekat Islam dan kemudian disusul oleh perkumpulan dan partai lain.

Bangunan Gedung eks Sarekat Islam lahir dari konsep bangunan tradisional setempat yang dipecahkan dengan konstruksi modern yang sudah dikuasai teknologinya. Bangunan semacam ini tergolong langka dan  mewakili arsitektur biasa (ordinary Architecture) di antara kemewahan bangunan kolonial lainnya.

Arti penting bagi kebudayaan dalam proses pembangunannya dengan pendekatan gotong-royong. Selanjutnya bangunan tersebut juga dimaknai sebagai lambing perjuangan golongan pribumi untuk perbaikan ekonomi sekaligus perlawanan bagi mereka terhadap penjajahan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/pemugaran-gedung-eks-sarekat-islam-semarang/
Comments
Loading...