Gedung Eks Karesidenan Banten

0 130

Gedung Eks Karesidenan Banten

Bangunan ini dibangun pada tahun 1814 dan digunakan petama kali sebagai kantor residen pada masa J.de Bruijn W. D. (1817-1818). Pada tahun 1974 Karesidenan Banten diubah statusnya menjadi Wilayah I Provinsi Jawa Barat dan bangunan ini digunakan sebagai kantor keresidenan pembantu Gubernur Jawa Barat Wilayah I Banten. Pada tahun 2000, saat Banten dikukuhkan sebagai provinsi, bangunan ini difungsikan sebagai pendapa Gubernur Banten.

Bangunan ini berbentuk empat persegi panjang, menghadap ke timur, dengan serambi muka ditopang oleh delapan buah pilar bergaya Tuscan berwarna putih. Pada bagian kiri dan kanan serambi terdapat jendela berdaun ganda yang terbuat dari kayu yang bergaya jalousie. Atap bangunan berbentuk limasan dengan konstruksi kayu. Bangunan ini berdiri diatas pondasi massif yang ditinggikan sekitar 60 cm dari permukaan tanah di sekitarnya dengan lantai berlapis marmer. Jika dilihat dari bentuk gaya arsitekturnya, bangunan ini memiliki gaya yang disebut The Empire Style atau ada juga yang menyebutnya The Dutch Colonial yang berkembang di Indonesia pada masa Daendels. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pilar-pilar putih bergaya Tuscan yang menopang atap depan bangunan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/gedung-eks-karesidenan-banten/
Comments
Loading...