Gedung Daerah Bengkulu

0 698

Lokasi Gedung Daerah

Gedung Daerah terletak di Ps. Jitra, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38119.

Gedung Daerah

Dinas Gubernur Bengkulu atau disebut juga Gedung Daerah merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda dan Inggris yang masih berdiri kokoh di Bengkulu. Sejauh ini belum ada catatan sejarah siapa yang pertama kali membangun gedung daerah tersebut. Hanya ada catatan sejarah bahwa Sir Thomas Raffles dari Inggris pernah menempati gedung daerah tersebut dan merenovasinya dengan arsitektur Eropa. Tiang-tiang besar berjajar disisi depan bangunan. Mengesankan kekuatan dan kemegahan bangunan. Dinding-dinding yang tebal dengan bingkai jendela yang lebar merupakan ciri khas bangunan Eropa pada masa itu.

Nama Raffles banyak tercatat dalam sejarah Indonesia. Namanya disematkan untuk bunga padma raksasa Rafflesia arnoldii. Bunga itu sudah sangat identik dengan propinsi Bengkulu. Karenanya Bengkulu juga dapat julukan Bumi Rafflesia. Selain itu Raffles juga menghasilkan buku sejarah yang sangat terkenal, The History of Java, juga mendirikan Kebun Raya Bogor.

Rumah bekas tempat tinggal Raffles di Bengkulu sampai kini masih tetap apik setelah tentunya direnovasi. Rumah berubah fungsi menjadi rumah dinas gubernur yang dinamakan Gedung Daerah Balai Raya Semarak. Di depan gedung ada sebuah lapangan, bisa dibilang alun-alun. Banyak kegiatan yang mengambil tempat di sini. Pada hari Minggu pagi biasanya ada kegiatan olahraga, seperti jalan santai, bersepeda.

Source Gedung Daerah Bengkulu Bengkulu
Comments
Loading...