Gedung Bumi Kaler Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang

0 147

Lokasi Gedung Bumi Kaler

Gedung Bumi Kaler terletak di Jl. Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Sumedang Selatan, Regol Wetan, Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45355.

Gedung Bumi Kaler

Gedung Bumi Kaler merupakan tempat tinggal keluarga keturunan leluhur Sumedang. Baru pada tahun 1982, bangunan Bumi Kaler menjadi bagian dari Museum. Bangunan ini sejatinya adalah bangunan rumah panggung yang terbuat dari kayu jati dengan arsitekturnya bisa disebut khas Sunda karena atapnya berbentuk Julang Ngapak. Di dalamnya terdapat ruangan-ruangan dan kamar-kamarnya yang luas. Sementara ukuran pintu dan jendelanya cukup tinggi.

Bangunan Bumi Kaler dibangun pada tahun 1850 pada masa pemerintahan Pangeran Soeria Koesoemah Adinata (Pangeran Soegih) yang memerintah Sumedang dari tahun 1836-1882. Sesuai dengan namanya, bangunan ini posisinya berada di sebelah utara dan berhadap-hadapan dengan bangunan Bumi Kidul yang berada di sebelah selatannya. Hanya saja pada masa pemerintahan Pangeran Aria Soeria Atmadja (Pangeran Mekkah) Bumi Kidul dibongkar karena lapuk dimakan usia.

Bangunan Gedung Bumi Kaler pernah mengalami beberapa kali rehabilitasi pada tahun 1982, 1993 dan tahun 2006, namun tidak merubah dari bentuk aslinya. Bangunan inisama halnya dengan Gedung Srimanganti, sudah terdaftar dalam Monumeter Ordonantie 1931 karena termasuk dalam bangunan yang dilindungi oleh pemerintah sebagai Benda Cagar Budaya.

Di dalam bangunan Bumi Kaler tersimpan beberapa kitab/naskah kuno seperti: Al-Quran tulisan tangan abad ke-19, Kitab Waruga Jagat yang ditulis awal abad ke-18, serta Kitab Riwayat yang ditulis pada abad ke-19. Selain kitab, juga terdapat kumpulan koleksi mata uang dari dalam dan luar negeri, puade yang merupakan tempat anak dikhitan abad ke-19, payung kebesaran kerajaan abad ke-17, jam berdiri, dan beberapa benda peninggalan Pangeran Soeria Atmaja. Ditambah dengan adanya ruangan perpustakaan.

Source Gedung Bumi Kaler Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang Jawa Barat
Comments
Loading...