Gedung Bioskop Mimosa

0 76

Gedung Bioskop Mimosa

Siapa sangka, di zaman sebelum kemerdekaan. Batu [Kini Kota Batu] sudah mempunyai gedung Bioskop. Sebuah arena yang diperuntukkan untuk menonton film. Gedung tersebut bernama Gedung Bioskop Mimosa [Bioscoop Mimosa].

Saat ini, lokasi di gedung tersebut memang bukan lagi sebuah bioskop. Peralihan kepemilikan dari Belanda kepada warga pribumi menjadikan tempat tersebut kini menjadi sebuah bengkel/toko Sepeda Motor. Bangunannya pun sudah nampak modern, sudah berbeda jauh dengan dahulu.

Dari keterangan yang dikutip dari BatuKota, Bioskop Mimosa dibuat bagi warga Belanda yang bekerja di wilayah perkebunan atau wisata di Batu. Dahulu, Batu yang dikenal sebagai hutan rimba juga merupakan wilayah yang digunakan sebagai tempat wisata bagi warga Belanda.

Dalam foto yang diambil tahun 1941 tersebut, menunjukkan sebuah acara aksi di Hindia Belanda dalam penggalangan dana untuk pembelian kapal perusak “Van Galen” tahun 1941. Ada huruf “V” besar di atas loket yang bisa saja merupakan simbol “Victory,” atau kemenangan.

Film yang diputar di foto itu berjudul “You Cant Take It With You”, sebuah film tahun 1938 yang disutradarai oleh Frank Robert Capra. Di tahun itu, Film tersebut memenangkan Piala Oscar yang kemenangannya banyak didebatkan. Karena saat penjurian Oscar ada film pesaing yang berjudul La Grande Illussion dianggap lebih baik. Tetapi juri tetap memilih karya Frank karena berasal dari Amerika Serikat, bukan luar negeri.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2015/12/29/gedung-bioskop-mimosa-pertama-di-batu/
Comments
Loading...