Gedung Bekas Radio Komunikasi Belanda Bandung

0 104

Lokasi Gedung Bekas Radio Komunikasi Belanda

Gedung Bekas Radio Komunikasi Belanda terletak di jl. Radio Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, satu lokasi dengan SMAN 1 Cililin.

Gedung Bekas Radio Komunikasi Belanda

Gedung Bekas Radio Komunikasi Belanda seluas 18 x 12 meter dengan tinggi 9 meter tersebut dibangun pada tahun 1904 oleh Ir Raymond Sircke Helssinken. Raymond membeli 3,85 hektar tanah untuk keperluan membangun kompleks pemancar dan kantor radio komunikasi bernama Telepoonken. Ada sekitar 5 buah bangunan yang Raymond dirikan. Tiga bangunan di antaranya saat ini telah menjadi bagian dari SMA Negeri 1 Cililin. Sementara dua bangunan utama yaitu kantor radio dan gudang pembangkit listrik dibangun terpisah.

Meski dinding gedung tersebut masih berdiri kokoh dengan material campuran batu andesit dan kapur berdesain ala Belanda, namun karena tidak terurus. Gedung tersebut terlihat sangat kusam. Bahkan, kondisi lebih parah tersaji di dalam.

Kemegahan di dalam bangunan yang menurut cerita penuh dengan peralatan komunikasi tercanggih pada zamannya, kini berganti dengan pemandangan tak sedap. Puing-puing pilar yang mulai rusak tergerus waktu berceceran di lantai.

Source http://www.kompas.com/ http://regional.kompas.com/read/2014/01/07/1028225/Gedung.Eks.Kantor.Radio.Komunikasi.Belanda.Jadi.Kandang.Kerbau.
Comments
Loading...