Gedung Balai Kota Padang

0 436

Lokasi Gedung Balai Kota Padang

Gedung Balai Kota Padang terletak di Jalan M. Yamin (sebelumnya Jalan Raaffweg pada masa kolonial) di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Gedung Balai Kota Padang

Balai Kota Padang adalah salah satu bangunan berarsitektur kolonial peninggalan pemerintah Hindia Belanda di Indonesia.  Bangunan dengan ciri khas sebuah menara jam ini diarsiteki oleh seorang arsitek dan perencana wilayah pemukiman dan perkotaan berkebangsaan Belanda dari Amsterdam bernama Ir. Thomas Karsten. Pembangunannya mulai dilakukan pada tahun 1931 dan selesai pada tahun 1936 dengan biaya mencapai f 120.000.

Wali Kota (Burgemeester) Padang yang pertama adalah Mr. W. M. Ouwerkkerk dipilih pada tahun 1928, dan memerintah sampai tahun 1940, kemudian digantikan oleh D. Kapteijn sampai masuknya Jepang pada tahun 1942. Setelah melewati sejarah panjang, keberadaan balai kota ini menjadi salah satu dari beberapa bangunan peninggalan kolonial Belanda di Padang yang masih bertahan keberadaanya sampai sekarang, sementara bangunan-bangunan lainnya seperti kantor polisi, tangsi atau penjara yang berada di sebelahnya, kantor pos, rumah bola, kantor telepon, dan bangunan-bangunan penting lainnya di sekitar Plein van Rome (Lapangan Iman Bonjol sekarang) hilang tak berbekas dan tergantikan dengan bangunan-bangunan baru.

Meskipun gempa bumi berulang kali melanda Kota Padang, bangunan ini tetap berdiri dengan kokoh. Seiring rencana pemindahan pusat Pemerintahan Kota Padang ke kekawasan Air Pacah di Kecamatan Koto Tangah, bangunan ini akan dijadikan Heritage Museum, yang akan memuat sejarah panjang Kota Padang dari masa ke masa.

Source https://id.wikipedia.org/wiki/ https://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Balai_Kota_Lama_Padang
Comments
Loading...