Gedung Balai Kota Malang

0 1.013

Lokasi Gedung Balai Kota Malang

Gedung Balai Kota Malang terletak di Jalan Tugu No. 1 Keluraham Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasi gedung ini menghadap ke Alun-Alun Tugu, dan berdekatan dengan Hotel Splendid Inn maupun Hotel Tugu.

Gedung Balai Kota Malang

Mengunjungi Alun-Alun Tugu memberikan keuntungan tersendiri. Karena kawasan Alun-Alun Tugu dikelilingi oleh bangunan-bangunan peninggalan masa pemerintahan Kolonial Belanda. Bangunan tersebut pada umumnya berfungsi sebagai sarana pemerintahan dan pendidikan yang sampai pada saat ini masih terlihat megah. Salah satu sarana pemerintahan yang masih bisa dilihat adalah Gedung Balai Kota Malang.

Sebelum tahun 1914 Malang masih merupakan daerah bagian dari Karesidenan Pasuruan dan kekuasaan tertinggi di Malang adalah Asisten Residen yang berkantor di selatan alun-alun (sekarang Kantor Pos). Setelah Kota Malang dinaikkan statusnya menjadi Gemeente (Kotamadya) pada 1 April 1914, Malang berhak memerintah daerah sendiri dengan dipimpin oleh seorang Burgemeester (Wali Kota). Jabatan wali kota waktu itu dirangkap oleh Asisten Residen sampai tahun 1918. Baru pada tahun 1919, Malang mempunyai wali kota pertama yaitu H.I. Bussemaker. Alun-alun sebagai simbol pemerintahan lama dianggap sudah tidak mewakili gaya pemerintah baru yang lebih modern dan diusulkan untuk membuat daerah pusat pemerintahan baru yaitu di daerah Jan Pieterszoon P Coenplein (Lapangan J.P. Coen). Karena lapangan tersebut berbentuk bundar maka disebut Alun-alun Bundar.

Balai Kota Malang masih terasa ada beberapa kekurangan pada desain bangunan tersebut, terutama pada desain interior bangunannya. Akhrinya, pihak Balai Kota Malang meminta bantuan kepada Cosman Citroen. Citroen merupakan arsitek kolonial Belanda generasi kedua setelah tahun 1900 yang berdomisil di Surabaya. Ia pernah merancang Balai Kota Surabaya (1925). Sehingga, ketika Citroen diminta membantu pihak Balai Kota Malang, maka ia langsung merancang sendiri ruang wali kota yang sampai sekarang masih terlihat megah.

Pada waktu terjadi Operatie Product atau yang dikenal di Indonesia dengan nama Agresi Militer Belanda I, Belanda mulai melakukan penyerbuan ke Malang dan disambut dengan pembumihangusan oleh para pejuang kita. Dalam tragedi Bumi Hangus tersebut, banyak gedung-gedung penting yang dulu dibangun oleh pihak Kolonial Belanda dibakar oleh pejuang kita. Termasuk salah satunya adalah Gedung Balai Kota Malang.

Setelah agresi yang dilancarkan oleh Belanda, baik Agresi Militer Belanda I dan Agresi Militer Belanda II selesai, dan situasi perang kemerdekaan telah benar-benar berakhir maka gedung balai kota mulai dibangun kembali, dan sekarang bangunan yang tetap dipertahankan keasliannya ini menjadi bangunan cagar budaya di Kota Malang yang menjadi ikon Kota Malang.

Source Gedung Balai Kota Malang Malang
Comments
Loading...