Gedung Aperdi Surabaya

0 423

Lokasi Gedung Aperdi Surabaya

Gedung ini terletak di Jalan Jembatan Merah No. 19 – 23 Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Gedung Aperdi Surabaya

Gedung Aperdi ini dulunya merupakan Kantor Algemeene Maatschappij van Levensverzekering en Lijfrente (Perusahaan Umum Asuransi Jiwa dan Tunjangan Hari Tua), sebuah perusahaan asuransi jiwa terbesar di Belanda yang berdiri pada 1880 namun akhirnya bangkrut pada 1921.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung asuransi ini dilakukan oleh John von Hemert pada 21 Juli 1901. Awalnya rencana gedung ini dikerjakan oleh arsitek Marius J. Hulswit tapi karena dianggap sudah tidak sesuai dengan zaman, selanjutnya diganti oleh arsitek Hendrik Petrus Berlage.

Gedung karya Berlage ini memang memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan gedung-gedung yang berada di sebelah kiri maupun kanannya. Fasade bangunan berlantai dua ini menampilkan gaya aristektur Art Nouveau dengan lengkungan bata merah khas Berlage. Di belakang lengkungan tersebut terdapat selasar, yang berfungsi sebagai pelindung gedung ini dari tampias hujan dan sinar matahari secara langsung.

hiasan Gedung Aperdi Surabaya

Tepat berada pada undakan mau masuk ke pintu utama gedung aperdi ini, terdapat dua patung singa karya Berlage yang turut menghiasi gedung ini. Keberadaan dua patung singa di tepi jalan ini, acapkali masyarakat setempat menyebutnya dengan Gedung Singa.

Di atas lengkungan pintu masuk, terlihat lukisan porselin yang sampai sekarang masih mengundang misteri arti dari lukisan tersebut. Lukisan tersebut menampilkan ibu dan anak. Seorang ibu Eropa dan seorang ibu Jawa yang sama-sama menggendong anaknya. Lukisan tersebut merupakan karya Jan Toorop yang dipasangkan pada bangunan karya Berlage ini. Jan Toorop bukan seorang arsitek. Lebih tepat bila ia disebut sebagai seorang seniman. Sebutan yang sering diberikan orang kepadanya adalah seorang impressionis dan simbolis, pelukis Art Nouveau, ilustrator dan desainer grafis.

Source Gedung Aperdi Surabaya Surabaya
Comments
Loading...