Gedung Angkatan Laut ( Lanal ) Dahulu Adalah Bank

0 648

Gedung Angkatan Laut ( Lanal ) Dahulu Adalah Bank

Kota Tegal pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 memegang peranan penting karena letaknya yang strategis. Selain itu, kota Tegal menjadi titik pertemuan antara jalan kereta api maupun jalan raya dari Batavia ke Surabaya, dan dari Tegal ke Purwokerto. Posisi pelabuhan Tegal juga semakin strategis sebagai pelabuhan yang menyediakan jalur perdagangan komoditas dari dan ke wilayah Tegal, Brebes dan Pemalang, serta komoditas dari wilayah-wilayah tersebut ke luar Pulau Jawa. Fakta ini membuat Kota Tegal memiliki tinggalan-tinggalan bangunan kolonial.

Dahulu Gedung Angkatan Laut (Lanal) digunakan untuk Bank (National Hadels Bank NV). Pada tahun 1960 dipakai Markas Komando Angkatan Laut Tegal sampai sekarang. Terkait dengan perkembangan AL, Kota Tegal merupakan cikal bakal kelahiran Korps Marinir TNI Angkatan Laut lahir pada 15 November 1945, seperti tercantum dalam Pangkalan IV ALRI Tegal nama Corps Mariniers. Status lembaga TNI AL di Tegal mengalami beberapa perubahan, mulai dari Detasemen AL (Denal), Landasan TNI AL (Lanal), dan Stasion AL (Sional). Keunikan gedung ini terlihat pada entrance bangunan berbentuk silinder menyesuaikan letaknya di persimpangan. Variasi pada lubang jendela dan ventilasi yang juga berbentuk bulat.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/gedung-angkatan-laut-lanal-dahulu-adalah-bank/
Comments
Loading...