Gedung Agung Jogja

0 218

Lokasi Gedung Agung Jogja

Gedung Agung terletak di pusat keramaian kota, tepatnya di ujung selatan Jalan Ahmad Yani dahulu dikenal dengan Jalan Margomulyo. Kawasan istana terletak di Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, dan berada pada ketinggian 120 m dari permukaan laut.

Gedung Agung Jogja

Gedung Agung itu mula mula nama yang diberikan karena merupakan satu bangunan yang salah satu ruangannya berfungsi untuk menerima tamu agung atau istimewa. Gedung itu merupakan bangunan yang sangat bersejarah, dimana keberadaannya menjadi saksi dimana kota Yogyakarta semasa perjuangan kemerdekaan menjadi ibukota Negara dan menjadi tempat tinggal presiden I RI, Ir. Soekarno dan keluarga. Gedung Agung ini merupakan salah satu dari 6 istana kepresidenan selain istana Negara, Istana Merdeka, Istana Bogor, Istana Cipanas dan istana Tampak siring. Gedung ini dibangun pada masa penjajahan Belanda tepatnya pada bulan Mei 1824 menempati area seluas 43.585m2, atas prakarsa Residen Belanda ke 18 di Yogyakarta, Anthonie Hendriks Smissaert yang berkuasa antara tahun 1823 hingga 1825. Arsitek yang menangani ini merupakan arsitek Belanda yakni A. Payen, dan pembangunannya tertunda akibat perang Diponegoro atau lebih terkenal dengan perang jawa tahun 1825-1830. Salah satu bukti keberadaan Pangeran diponegoro berada di monument Diponegoro, Tegalrejo, Yogyakarta. Bangunan dilanjutkan setelah perang berakhir dan terselesaikan pada tahun 1832, namun gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta pada tanggal 10 Juni 1867 menghancurkan bangunan ini dan akhirnya dibangun kembali dan selesai pada tahun 1869.

Sejarah Gedung Agung

Semenjak tanggal 6 Januari 1946 gedung agung resmi menjadi Istana kepresidenan Republik Indonesia, yakni bersamaan dengan Yogyakarta dijadikan ibukota sementara. Pada masa agresi militer ke 2 Belanda maka preseiden dan wakil dan beberapa pejabat diasingkan ke luar jawa dan kembali ke Gedung Agung pada 6 Juli 1949 dan tanggal 28 Desember 1949 preseiden dan wakil presiden kembali ke Jakarta, maka sejak saaat itu Gedung agung bukan sebagai tempat tinggal keluarga presiden. Saat ini Gedung Agung digunakan sebagai tempat menginap tatkala presiden dan wakil presiden berada di Yogyakarta. Dan sejak 17 Agustus 1991, Gedung Agung secara resmi di pakai sebagai tempat memperingati detik-detik proklamasi tingkat propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Source Gedung Agung Jogja Jogja
Comments
Loading...