Gedong Kuning Ungaran

0 316

Gedong Kuning

Salah satu bangunan cagar budaya Gedong Kuning peninggalan zaman Belanda di Jalan Gatot Subroto, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, kondisinya memperihatinkan. Bagian atap bangunan gedung ini roboh atau rusak dan dibiarkan mangkrak.

Bangunan berusia sekitar 100 tahun dengan dua lantai itu, seluruh catnya didominasi warna kuning. Di setiap sudut dilengkapi dengan motif kepala singa seakan memperlihatkan bangunan elit pada masanya. Sedangkan di dinding atas ada tulisan 1916-ENDE_DESESPEREERT_NIMMER_1919 menempel di bagian selatan terbuat dari keramik. Selain itu, ada tiga balkon yakni menghadap ke timur, selatan dan utara.

Tiga balkon yang ada tersebut, konon digunakan untuk memandang suasana alam di sebelah timur yakni Bukit Cemoro Sewu. Kemudian, juga bisa untuk melihat keindahan Gunung Ungaran. Sedangkan balkon di sebelah utara bisa melihat keindahan Kota Semarang. Selain itu, dari balkon tersebut bisa melihat hamparan kebun pala yang berada di sekitar Gedong Kuning, kala itu.

Kemudian di sekitar bangunan itu, dulunya dilengkapi dengan beberapa gudang, parkiran kendaraan dan kandang kuda. Namun gudang maupun lokasi parkiran tersebut telah berubah fungsi sebagai rumah warga. Sedangkan di bagian depan Gedong Kuning terdapat lapangan luas yang digunakan olahraga maupun aktivitas lainnya oleh warga masyarakat sekitar.

Ketua RT 01/RW 04 Kebonpolo, Kelurahan Bandarjo, Ungaran Timur, Totok Priyanto, mengatakan, sejak masih aktif sebagai PNS Zidam IV/Diponegoro, mulai pada tahun 1983 menempati di samping kiri bagian belakang Gedong Kuning. Rumah yang ditempati sebelumnya merupakan gudang, yang kini dijadikan ruang tamu dan menambah bangunan untuk dapur, kamar tidur dan lainnya.

Menurutnya kompleks Gedong Kuning merupakan bangunan seluas 5,5 hektar dihuni sekitar 25 KK. Ada tiga pihak yang mengklaim memiliki tanah dan bangunan tersebut yakni PJKA (sekarang PT KAI), Yohana (Bogor) dan Mangkunegara (Solo).

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3674632/bangunan-cagar-budaya-gedong-kuning-di-ungaran-rusak-parah
Comments
Loading...