Gedong Jangkung Majalengka

0 110

Lokasi Gedong Jangkung Majalengka

Gedong Jangkung Majalengka terletak di Jalan Kh. Abdul Halim, Majalengka, Jawa Barat.

Gedong Jangkung Majalengka

Gedong Jangkung merupakan salah satu bangunan tua yang ada dikota Majalengka persisnya tidak ada yang tahu kapan bangunan berdiri termasuk pemiliknya yang sekarang Hj. Maryam. Ada kemungkinan bangunan sudah berumur seratus tahun lebih, itu bisa dilihat dari jembatan kecil saluran irigasi citani. yang berada disamping bangunan itu,disitu tertulis angka tahun 1913.

Dahulu bangunan ini adalah milik seorang pengusaha keturunan cina yaitu keluarga Tjia kian Liong atau yang dikenal dengan William Soerjadjaya pendiri Usaha grup Astra internasional tbk yang kemudian dijual kepada keluarga H Saleh yang kemudian diwariskan kepada pemilik yang sekarang. Seperti pada bangunan peninggalan zaman Belanda lainnya disini pun tidak ada ruang kamar mandi atau wc. Ingat Hal Ini seperti bangunan lawang sewu meskipun banyak lawang atau pintu tapi tak ada satupun lawang untuk ke wc karena memang tidak ada ruang mandi atau wc? Orang belanda jaman dahulu memang jarang atau memang tidak pernah mandi sampai sampai Gubernur Hindia belanda mengeluarkan peraturan yang mewajibkan mandi minimal seminggu sekali.

Memang sejak dibangun Gedong Jangkung telah beberapa kali berpindah tangan. Terakhir dimiliki oleh Tuan Saleh yang mengaku membelinya dari Astra. Setelah Tuan Saleh meninggal, kepemilikan gedong menjadi hak anak-anaknya.

Kendati usianya sudah cukup tua, namum kualitas bangunan warisan zaman dulu memang terkenal kekuatannya. Masih tampak kokoh dan orsinil sesuai aslinya. Bagian dalam bangunan tampak luas dan tinggi meninggalkan kesan lega dan lapang. Terdiri dari 3 kamar tidur yang luas, ruang tamu, ruang keluarga, ruang dapur, ruang tengah, dan 2 kamar mandi. Kaca-kaca ruangan yang berwarna dan bermotif tumbuhan menambah aura antik yang kental.

Source Gedong Jangkung Majalengka Jawa Barat
Comments
Loading...