Gapura Utama Candi Plaosan

0 73

Lokasi Gapura Utama Candi Plaosan

Gapura Utama Candi Plaosan terletak di dusun Plaosan, Desa Bugiasan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah.

Gapura Utama Candi Plaosan

Candi Plaosan memiliki banyak sudut yang indah untuk diabadikan dengan sebuah kamera. Beberapa sudut tersebut diantarannya jajaran Candi Perwara, Pohon Pule, depan candi utama dan areal persawahan sekitar kompleks Candi Plaosan. Sudut-sudut ini biasannya dipakai untuk kegiatan fotografi dan berswafoto.

Sebenarnya selain sudut-sudut yang disebutkan diatas ada juga tempat yang sering digunakan untuk kegiatan fotografi. Sudut ini adalah di gapura yang ada dihalaman I. Gapura ini mirip bentuknya dengan struktur candi yang memiliki kaki, tubuh dan atap. Hal yang membedakan dengan struktur candi ialah gapura memiliki ambang pintu yang tembus dari depan ke belakang.

Hiasan yang cukup menonjol di gapura ini adalah hiasan Kala atau wajah raksasa. Atap gapura secara umum merupakan susunan batu yang dihias dengan 24 antefik. Gapura ini sering digunakan untuk sesi foto prewedding dan tempat pengambilan sebuah film.

Candi Plaosan merupakan candi yang indah untuk kegiatan fotografi. Ada banyak sudut-sudut favorit buat seorang fotografer untuk menggambil gambar. Masyarakat dapat memanfaatkan  Candi Plaosan. Berkenaan Candi Plaosan merupakan cagar budaya sudah sepantasnya masyarakat juga ikut menjaga dan menghormatinya. Keikutsertaan masyarakat dalam menjaga Candi Plaosan dapat dilakukan dengan tidak memanjat struktur, tidak melakukan vandalisme, dan berpose dengan sopan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/gapura-utama-candi-plaosan/
Comments
Loading...