Gapura paduraksa Jepara

0 82

Gapura paduraksa

Gapura paduraksa biasanya di bangun pada pintu masuk area yang yang dianggap suci/inti. Gapura Paduraksa Masjid Jami’ Baiturrohman 1 Robayan bagian atasnya berbentuk menyerupai sayap tersebut terdapat kaitannya dengan Mitologi Hindu bahwa gunung memiliki sayap. Gunung dalam mitologi Hindu mempunyai sayap. Pintu gerbang paduraksa juga melambangkan gunung, itulah sebabnya pada paduruksa bersayap. Selain itu makna sayap dalam mitologi hindu juga mengartikan pelepasan sehingga dalam Masjid Robayan gapura bersayap ini dapat pula diartikan sebagai makna terlepasnya orang yang memasuki masjid dari urusan duniawi. Simbol pluralisme pada awal perkembangan Islam dengan perpaduan budaya Islam dan Hindu yang terdapat pada Gapura Masjid Jami’ Baiturrahman Robayan.

Gapura Masjid Jami’ Baiturrohman 1 Robayan dahulunya hanya berupa batu bata yang disusun menjadi gapura berbentuk sekarang ini. Untuk menjaga batu bata tidak lapuk, maka warga desa Robayan menutupi gapura dengan melapisi dengan semen (memplester) seperti sekarang. Walaupun bentuk masjidnya sekarang sudah direnovasi dan bentuk awalnya sudah tidak kelihatan lagi bentuk masjidnya, tetapi ada yang tidak diubah dan dibiarkan masih seperti aslinya yaitu gapura masjid. bentuk gapura pada Masjid Jami’ Baiturrahman I Robayan yang menggambarkan bentuk akulturasi arsitektur Hindu dan Islam.

Gapura masjid tersebut dahulunya terdapat piring-piring khas Tiongkok, kemungkinan dulu Mbah Roboyo mendapatkan piring tersebut sebagai hadiah dari saudagar dari Tiongkok, Karena Mbah Roboyo adalah tokoh ulama sekaligus tokoh masyarakat di Desa Robayan, sedangkan Desa Robayan adalah termasuk Ibukota Kerajaan Kalinyamat bersama dengan Desa Kriyan dan Desa Bakalan.

Tapi karena piring-piring tersebut rusak, pada saat mengganti plester atau semen pelapis gapura, sehingga piring tersebut tidak dipasang karena kondisinya rusak. Ada mitos ketika jalan raya dan pembangunan parit di depannya ingin diperlebarkan. Gapura harus dibongkar, tetapi setelah diukur ulang tiba-tiba gapura seolah-olah bergeser, sehingga tidak menghalangi perlebaran jalan. Bahkan ketika masjid direnovasi masyarakat Robayan harus meminta izin kepada Mbah Roboyo, dengan cara sowan ke makam dia.

Source https://id.wikipedia.org/wiki/ https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Jami%27_Baiturrahman_I_Robayan
Comments
Loading...