situsbudaya.id

Fragmen Candi Tebing Jehem

0 16

Lokasi Fragmen Candi Tebing Jehem

Fragmen Candi Tebing Jehem terletak di Dusun/Banjar Jehem Kaja, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Fragmen Candi Tebing Jehem

Fragmen Candi Tebing Jehem pada titik koordinat 50 L 0320896, 9066652 UTM, akurasi 9 Meter, dengan ketinggian 445 Meter Dpl. Dari kota Bangli menuju situs berjarak sekitar 7 Km, kearah Timur. Situs ini sangat mudah dicapai dengan kendaraan umum jurusan Tembuku, sampai di perempatan Desa Jehem menuju ke Utara mengikuti jalan aspal desa sampai di Dusun Jehem Kaja berdekatan dengan Pura Masceti. Kondisi lingkungan sangat sejuk, banyak tumbuhan besar di sekitar situs seperti pohon durian, pohon aren, pohon kresek, rumput ilalang yang tinggi, dan tumbuhan paku.

Lokasi Asli Fragmen Candi Tebing sebelum lepas dari dinding tebing padas 50 L 0320950, 9066614 UTM , ± 10 meter sebelah timur dari posisi sekarang dekat Sungai Melangit. Pada tahun 1991 terjadi longsor, sehingga menyebabkan Candi Tebing terlepas dan jatuh. Selanjutnya dilakukan tindakan penyelamatan oleh BPCB Gianyar yang pada saat itu bernama SPSP (Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala), dan di pindahkan ke sebelah Utara di lahan yang landai dan dibuatkan balai pelindung. Fragmen Candi Tebing Jehem ditempatkan di sebuah lahan dengan luas lahan, Panjang :1,023 cm dan Lebar : 840 cm.

Selain itu pada bagian atap terdapat pahatan berupa duabuah menara sudut sebuah altar. Pahatan ini diulang kembali dipahatkan di bagian paling atas menempel di bagian anda. Bagian badan berbentuk persegi, terdapat dua relief manusia dipahatkan di kanan dan kiri relung. Jika dilihat dari karakternya relief yang dipahatkan adalah pendeta, sikap berdiri tegak, bentuk muka bulat, daun telinga panjang menyentuh bahu, sikap tangan terbuka di sebelah badan, terlihat memakai kain di badan (kain pendeta budha) menyilang menutupi badan. Memakai kain di bagian pinggang sampai kaki. Karena kondisi yang sangat aus dan ditumbuhi licen sulit untuk mengetahui lebih detail mengenai tokoh yang dipahatkan pada bagian badan Candi Tebing Jehem.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/2018/02/08/seni-pahat-tebing-padas-di-desa-jehem-bangli/
Comments
Loading...