situsbudaya.id

Ex. Pengadilan Negeri Semarang

0 40

Ex. Pengadilan Negeri

Bangunan asli Belanda yang “diusung” ke tanah Jawa ini masih memerlukan penyesuaian dengan kondisi lingkungan tropis. Sebuah desain “master” benua Eropa perjalanan arsitektur kolonial di daerah tropis Selasar dan teras sebagai pelindung panas dan hujan belum dibuat. Pemasangan jendela dan pintu dari kaca menyerap sinar matahari yang banyak sehingga suhu udara di dalamya menjadi panas. Hal semacam ini lebih tepat untuk desain bangunan di Eropa.

Fungsi awal bangunan ini adalah Kantor Pengadilan (Rad Van Justitie), didirikan pada tahun 1760. Terletak di sisi selatan Heerenstraat (Jl. Letjen Suprapto), berseberangan dengan Gereja Blenduk. Merupakan salah satu bangunan tertua di Kawasan Kota Lama. Pernah digunakan sebagai Gedung Pengadilan Negeri Semarang pada masa Orde Baru.

Pada tahun 2006 dikonservasi dan dimanfaatkan sebagai rumah makan ( adaptive re-use ); pada awalnya, tapak (site) terdiri dari beberapa susunan (massa) bangunan. Namun setelah diadakan penilaian maka diputuskan yang layak dikonservasi hanya bengunan depan dengan ukuran 20 x 20 m yang saat ini digunakan sebagai ruang makan utama, sedangkan bangunan lama di belakang bisa digunakan sebagai fasilitas penunjang seperti dapur, ruang karyawan, dan parkir kendaraan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/masih-terlalu-eropa-ex-pengadilan-negeri-rumah-makan-ikan-bakar-cianjur/
Comments
Loading...