Eks Tambang Emas Cikotok Banten

0 177

Lokasi Eks Tambang Emas Cikotok

Eks Tambang Emas Cikotok terletak di Desa Cikotok, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, Indonesia.

Eks Tambang Emas Cikotok

Persiapan pembukaan tambang emas di Cikotok sendiri baru dimulai pada tahun 1936-1939. Pada tahun 1939 dibangun pabrik pengolahan emas di Pasir Gombong oleh perusahaan swasta Belanda NV. Mijnbouw Maatschappy Zuid Bantam (NV. MMZB). Pada tahun yang sama tambang emas Cikotok dan Cipicung dibuka secara resmi.

Produksi tambang terhenti antara tahun 1942-1945 karena pecahnya Perang Dunia kedua dan masa pendudukan Jepang. Jepang mengambil alih tambang emas Cikotok dengan menunjuk perusahaan Jepang bernama Mitsui Kosha Kabushiki Kaisha dengan tujuan mengambil bijih timah hitam dari Cirotan untuk keperluan perang. Semasa kemerdekaan antara tahun 1945 hingga tahun 1948, tambang emas Cikotok dikuasai oleh pemerintah RI dibawah Jawatan Pertambangan Pusat Republik Indonesia. Ketika clash ke dua dengan Belanda, tanggal 23 Desember 1948, tambang Cikotok kembali dikuasai oleh Belanda sampai pengakuan kedaulatan pada tahun 1949.

Karena keadaan tambang yang rusak berat selama pendudukan Jepang, dan biaya untuk merehabilitasi kembali membutuhkan biaya yang sangat besar maka pada tahun 1950 pertambangan Cikotok dijual oleh NV. MMZB kepada N.V. Perusahaan Pembangunan Pertambangan (N.V. P3). Selama kurun waktu 1954 hingga 1957 N.V. P3 melakukan rehabilitasi tambang dan pabrik sehingga sejak 1957 pertambangan mulai beroperasi lagi dengan pusat pertambangan di Cikotok dan Cirotan.

Tahun 1991 ditemukan deposit emas baru di daerah Cikidang. Setelah melalui pekerjaan persiapan, penambangan dan perbaikan pabrik pengolahan, produksi pun dimulai pada pertengahan tahun 1997. Kegiatan pertambangan di cikotok sendiri sudah di dikelola Antam dari tahun 1968 hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menutup pertambangan tersebut pada tahun 2011.

 

Source http://mcikotok.blogspot.co.id/ http://mcikotok.blogspot.co.id/2015/01/sejarah-tambang-emas-cikotok-lebak.html
Comments
Loading...