Eks Spaar Bank (Eks Beautik Hotel) Padang

0 11

Eks Spaar Bank (Eks Beautik Hotel)

Gedung Eks Bank BTN berada dalam bentang alam dataran rendah, berada di daerah aliran Batang Arau. Akses ke bangunan Eks Bank Tabungan Negara sangat mudah, karena lokasi bangunan berada di dekat jalan raya Batang Arau, sehingga sangat mudah diakses baik oleh kendaraan roda dua atau lebih.

Berdasarkan inskripsi yang terdapat di bagian pediment 15 bangunan ini dibangun tahun 1908 dan inskripsi di dinding sebelah pintu masuk berisi Padangche Spaar Bank. Gedung berlantai dua dengan tinggi 35 meter yang berdiri membelakangi sungai ini bergaya neoklasik yang mendapat pengaruh dari arsitektur art-deco. Gedung dengan gaya mahkota di bagian depan atas dengan tulisan 1908 ini besar kemungkinan gedung terbagus di zamannya di kawasan Padang Kota lama.

Tembok bangunan mencirikan bangunan kolonial yang memiliki tembok tebal. Pintu dan jendela di bagian muka berukuran lebar-lebar. Secara arsitektural bangunan ini menunjukkan gaya art-deco dengan pengulangan bentuk persegi dan lengkung secara horizontal. Bangunan ini pernah menjadi Bank Tabungan Negara. Paska gempa gedung ini mengalami kerusakan sekitar 40 %, terdiri dari dinding dan lantai retak dan sebagian lagi pecah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...