Eks. Rumah Telkom/Telegrap Kuantan Singingi

0 30

Eks. Rumah Telkom/Telegrap Kuantan Singingi

Bangunan ini diperkirakan didirikan sekitar tahun 1940-an. Bangunan ini pernah difungsikan/dipergunakan oleh PT. Telkom. Sekarang rumah ini ditempati sebagai rumah hunian oleh keluarga Rislen. Bangunan ini berdenah persegi panjang, dinding bangunan terbuat dari 2 bahan yang berbeda. Bagian bawah dinding terbuat dari coran semen dan kerikil, sedangkan bagian atas terbuat dari bata berspesi semen. Bangunan ini terdiri dari 5 ruangan, 4 ruangan berukuran agak besar dan sebuah ruangan berbentuk kamar berukuran 100 cm x 83 cm yang dipergunakan sebagai kamar telegraf.

Antar ruangan dipisahkan oleh pintu yang terbuat dari kayu dan berdaun pintu. Jendela Dari awal pembangunannnya, bangunan ini digunaka sebagai rumah telegraf, dan pembangunan bangunan ini berada di titik nol satelit. Sekarang bangunan ini dipergunakan sebagai rumah tinggal. Atap berbentuk limas dan terbuat dari seng dan flapon terbuat dari asbes. Lantai terbuat dari tegel ubin polos berwarna abu-abu berukuran 20 cm x 20 cm. Tinggi bangunan dari permukaan tanah sekitar 20 cm. Bangunan ini menghadap ke arah timur laut dengan beranda di bagian depan berukuran 100 cm x 200 cm, lanti di bagian beranda bermotif lingkaran, flapon di bagian beranda terbuat dari coran semen dan kerikil.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kuantan-Singingi-BPCB.pdf
Comments
Loading...