Eks Rumah Bordil Tentara Jepang

0 80

Eks Rumah Bordil Tentara Jepang

Tak hanya eks Hotel Donk, di kawasan Jalan Wastukencana pada masa pendudukan Jepang, terdapat rumah bordil tempat tentara Dai Nippon bersenang-senang. Salah satunya adalah Pension Welgelegen yang dikelola oleh seorang perempuan Belanda, istri seorang Jepang.

Sayangnya, bangunan itu sudah tidak terlihat lagi fisiknya berganti dengan sebuah pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Purnawarman saat ini.

Menurut Malia, kawasan Jalan Wastukencana banyak diisi bangunan kuno. Namun, literatur terkait bangunan-bangunan tersebut masih sangat minim.

Dia juga menunjukkan salah satu buku yang ditulis Sudarsono Katam, “Bandung Kilas Peristiwa di Mata Filatelis Sebuah Wisata Sejarah”.

Pengenalan Jalan Wastukencana yang berisi bangunan-bangunan kuno masih minim. Karena itu, dia menggunakan metode wawancara kepada penutur sejarah dan saksi yang tinggal di sekitar Jalan Wastukencana.

“Makanya, saya mulai menghimpun data soal Jalan Wastukencana ini. Kalau tidak sekarang, kapan lagi?” ujarnya.

Selain mewawancara penutur sejarah, Malia mengaku mendapat informasi dari Kartono Sulaiman yang merupakan Lurah Sukajadi dekade 70-an. “Kita dapatkan cerita dari mulut ke mulut. Bahkan, saya pernah bertanya pada yang menghuni rumah saja tidak tahu asal usulnya,” ia memungkasi.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/regional/read/3172249/sambut-hari-dengan-wisata-sejarah-di-jalan-wastukencana-bandung
Comments
Loading...