Eks PT. Cipta Niaga (PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia) Padang

0 9

Eks PT. Cipta Niaga (PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia)

Gudang PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (eks PT. Cipta Niaga berada dalam bentang alam dataran rendah, berada di daerah aliran Sungai Batang Arau. Akses ke Gudang PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia sangat mudah, karena lokasi situs berada di sisi jalan raya di daerah pertokoan. Dapat diakses dengan kendaraan roda dua atau lebih.

Pada awalnya bangunan ini milik NV Internatio, yaitu sebuah perusahaan Dagang Belanda. Gedung NV Internatio dibangun sekitar tahun 1910. Pasca tahun1950-an bangunan ini diambil alih oleh PT. Cipta Niaga, namun karena PT. Cipta Niaga bubar tahun 2000-an dan diganti oleh PT. PPI, maka keberadaan bangunan ini diambil alih oleh PT. PPI.

Gedung yang sekarang milik BUMN itu berarsitektur neoklasik bercampur modern yang berkembang sebelum 1920. Bangunan ini belum mengalami perubahan bentuk maupun arsitektur. Bangunan ini terdiri dari dua lantai, lantai bawah ubin/cor dan lantai atas kayu. Pintu depan terdiri dari tiga buah. Jendela terdapat pada dinding lantai atas sebanyak tiga buah. Pada bagian muka ujung sisi kanan tepat di atas pintu dan jendela, dindingnya meninggi dan pada ujung atasnya membentuk lengkung lancip segitiga. Dari tampilan bagian muka bangunan ini jelas menunjukkan bangunan kolonial Paska gempa 30 September 2009, bangunan ini mengalami kerusakan berat sekitar 90 %, meliputi atap, dinding, lantai, bangunan lantai 2 juga hancur.14 Kondisi di lapangan sekarang adalah sudah diratakan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...