Eks Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO)/ SMP 3 dan SMP 4 Bukittinggi

0 32

Eks Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO)/ SMP 3 dan SMP 4

Riwayat pembangunan gedung ini untuk pertama kalinya tidak diketahui dengan pasti. Keterangan yang didapat dari kepala sekolah menyebutkan bahwa gedung ini pada tahun 1945 bangunan ini dipakai sebagai sekolah rendah atau MULO. Setelah MULO dibubarkan kemudian pada tahun berikutnya beralih fungsi sebagai tempat percetakan “Oeang Republik Indonesia (ORI)”. Pada tahun 1949 bangunan di lokasi ini hancur, tetapi tahun 1950 dibangun kembali dan sejak saat itu berfungsi sebagai SMP II Bukittinggi. Selanjutnya, sejak tahun 1997 bangunan SMP 2 berubah menjadi SMP 3 dan SMP 4 sampai sekarang, sedangkan SMP 2 pindah ke tempat yang lain. Dan sekarang menjadi SMP 4.

Bangunan ini terdiri dari 4 blok, satu bangunan yang berada di deretan paling depan merupakan bangunan asli yang dibuat pada tahun 1950, sedangkan tiga blok lainnya merupakan bangunan baru. Bangunan aslinya terdiri dari 10 lokal memanjang dari utara ke selatan, mempunyai atap seng dan lantai dari tegel. Tahun 1989 sisi timur bangunan lama ada penambahan bangunan baru, atap dari seng, jendela dan pintu terbuat dari bahan kayu, lantai semen, dinding tembok, denah empat persegi. Bangunan baru ini menyesuaikan dengan bentuk bangunan yang lama sehingga tidak terjadi perubahan yang mencolok. Setelah terjadi perpindahan SMP 2 pada tahun 1997, maka bekas SMP 2 ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu sisi utara (bangunan yang berwarna kuning hijau) ditempati SMP 4 dan sisi selatan (bangunan berwarna kuning biru) ditempati SMP 3.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Bukittinggi.pdf
Comments
Loading...